Hari Kesehatan Nasional, Khofifah Sebut Jurus Kalahkan COVID-19

Minta masyarakat waspada gelombang kedua

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa mengajak seluruh masyarakat menjadikan Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada Kamis (12/11/2020) untuk mengubah perilaku. Mantan Menteri Sosial itu mengingatkan soal perilaku hidup bersih dan sehat yang bisa menjadi kunci memerangi pandemik COVID-19.

“Pandemik COVID-19 belum berakhir, jadi ayo kita sama-sama bersatu berjuang menuntaskan krisis ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dan terus menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” ujarnya dalam rilis resmi.

1. Minta masyarakat semangat lawan COVID-19 serta waspadai gelombang kedua

Hari Kesehatan Nasional, Khofifah Sebut Jurus Kalahkan COVID-19Doc. Humas Prov Jatim

Gubernur kelahiran Surabaya itu juga meminta masyarakat untuk tidak putus asa, pesimistis, dan menyerah serta terus memelihara semangat menghadapi virus yang telah mewabah berbulan-bulan ini. Selama belum adanya vaksin, masyarakat harus berdamai  untuk beradaptasi dengan virus ini.

“Pemerintah terus berupaya menurunkan angka kasus COVID-19. Saat ini kasus di Jatim terus turun, namun tidak berarti ini membuat kita lengah, justru harus terus waspada. Jangan sampai ada gelombang kedua, sehingga angkanya naik lagi,” kata dia.

2. Kuncinya dengan pola hidup bersih dan disiplin protokol kesehatan

Hari Kesehatan Nasional, Khofifah Sebut Jurus Kalahkan COVID-19(IDN Times/Arief Rahmat)

Hidup damai dengan COVID-19, lanjut Khofifah memiliki arti menyesuaikan hidup dengan tatanan kebiasaan hidup baru. Maka dari itu, dia terus mewanti-wanti masyarakat untuk selalu berdisiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan kapan pun dimanapun.

“Kita semua wajib berikhtiar, berusaha sekuat tenaga melindungi diri kita, melindungi keluarga, melindungi saudara-saudara kita, bangsa kita dari risiko penularan COVID-19," ucapnya.

“Kepada mereka yang gugur dalam bertugas semoga Allah SWT  memberikan tempat terbaik disisiNya. Pengorbanan mereka untuk negara ini akan selalu dikenang dan tidak akan sia-sia,” dia menambahkan.

Baca Juga: Khofifah-Risma Kompak Ingatkan COVID-19 pada Peringatan Hari Pahlawan

3. Kasus aktif Jatim menyisakan 2.055 pasien dengan Rt 0,98

Hari Kesehatan Nasional, Khofifah Sebut Jurus Kalahkan COVID-19Ilustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Sekadar diketahui, kumulatif positif COVID-19 di Jatim 55.305 kasus, data Rabu (11/11/2020). Dari jumlah itu, 49.299 kasus dinyatakan sembuh. Sebanyak 3.951 kasus dilaporkan meninggal dunia dan 2.055 masih dirawat atau kasus aktif. Kemudian 25 daerah berstatus zona oranye dan 13 zona kuning. Rate of transmission atau tingkat penularan di angka 0,98. Artinya masih terkendali karena di bawah 1.

Baca Juga: IDI: Tenaga Kesehatan Harus Jaga Kesehatan, Jalan Masih Panjang

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya