Comscore Tracker

Hari AIDS, Rutan Gresik Skrining Ratusan Napi

102 napi dipastikan negatif HIV/AIDS

Gresik, IDN Times - Sebanyak 735 narapidana (napi) di Rutan Gresik mengikuti skrining HIV/AIDS selama satu pekan ke depan. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai salah satu peringatan Hari Aids sedunia yang jatuh pada Rabu (1/12/2021). Selain skirining, napi juga diberikan sosialisasi penyakit HIV/ AIDS.

1. Skrining untuk ketahui kondisi kesehatan napi

Hari AIDS, Rutan Gresik Skrining Ratusan NapiKepala Kanwil Kemenkum HAM Jawa Timur, Krismono. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Tepat pukul 08.00 WIB, napi mulai bergantian dipanggil untuk dilakukan skrining. Metode yang digunakan berupa rapid test dengan mengambil sampel darah napi Mereka pun sangat antusias dengan adanya skrining ini karena bisa mengetahui kondisi kesehatan tubuhnya.

"Kami berharap kegiatan ini dapat mengedukasi warga binaan terkait gejala-gejala awal HIV/AIDS yang tidak terlihat secara fisik,” ujar Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono.

2. Skrining hari pertama, 102 napi negatif HIV/AIDS

Hari AIDS, Rutan Gresik Skrining Ratusan NapiNapi Rutan Gresik jalani skrining HIV/AIDS bertepatan dengan peringatan Hari Aids. Dok. Humas Kemenkumham Jatim.

Penanggung jawab program HIV dari Puskesmas Cerme, Supriyanto mengatakan bahwa kegiatan skrining harus rutin dilakukan, hal ini sebagai upaya deteksi akan potensi seseorang terinfeksi HIV didalam tubuhnya. "Berdasarkan hasil pemeriksaan di hari pertama tadi, sebanyak 102 napi dinyatakan negatif," ucapnya.

Baca Juga: Indonesia Ajak ASEAN-OSNET Cegah HIV-AIDS di Tempat Kerja

3. Skrining akan dilakukan sampai tuntas

Hari AIDS, Rutan Gresik Skrining Ratusan NapiNapi Rutan Gresik jalani skrining HIV/AIDS bertepatan dengan peringatan Hari Aids. Dok. Humas Kemenkumham Jatim.

Sementara itu, Kepala Rutan Gresik, Aris Sakuriyadi mengapresiasi kepada Puskesmas Cerme yang selama ini terus membantu Rutan Gresik dalam mendukung perawatan kesehatan napi. Skrining ini akan dilanjutkan lagi beberapa hari ke depan bagi napi yang belum mendapatkan gilirannya.

“Alhamdulillah di hari pertama ini 102 warga binaan dinyatakan negatif, harapan kami ke depannya, kegiatan ini dapat berkelanjutan dan dapat dukungan dari Puskesmas Cerme,” pungkasnya.

Baca Juga: Arti dan Sejarah Pita Merah dalam Peringatan Hari AIDS Sedunia

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya