Comscore Tracker

Ditawari ke Pabrik APD Probolinggo, Jokowi: Saya Akan Kunjungi

Awalnya garmen yang banting setir jadi produsen APD

Surabaya, IDN Times - Pemilik PT Putrateja Sempurna, Supriyono mendadak mempersilahkan Presiden Joko 'Jokowi' Widodo untuk berkunjung ke pabrik garmen miliknya di Kota Probolinggo. Tawaran itu dia sampaikan ketika video conference yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (25/6).

"Mungkin kalau Pak Jokowi (berkenan) juga bisa berkunjung," ujarnya.

1. Konversi usaha garmen jadi produksi APD standar WHO

Ditawari ke Pabrik APD Probolinggo, Jokowi: Saya Akan KunjungiPresiden Jokowi tiba di bandara Juanda, Surabaya untuk melakukan kunjungan ke Jawa Timur, Kamis (25/6). Dokumentasi Humas Pemprov Jawa Timur

Tawaran Supriyono kepada Jokowi ini bukan tanpa alasan. Sebab pabrik garmen yang didirikannya selama bertahun-tahun kini disulap untuk memproduksi alat pelindung diri (APD) sesuai standar badan kesehatan dunia (WHO). Adapun yang diproduksi ialah baju hazmat, sarung tangan hingga masker.

"Di masa pandemik, saat itu kami mengedukasi tim kami di PT Putrateja Sempurna, untuk mengonversikan konveksi jadi menjahit APD hingga masker," katanya.

2. Berharap ke depan bisa sumbang devisa negara

Ditawari ke Pabrik APD Probolinggo, Jokowi: Saya Akan KunjungiPemilik PT Putrateja Sempurna, Probolinggo, Supriyono saat melakukan video conference dengan Presiden Joko Widodo, Kamis (25/6). Tangkapan layar YouTube Sekretariat Kepresidenan

Dalam sehari, PT Putrateja Sempurna dapat memproduksi 4.000 APD. Bahan yang digunakan didapat langsung dari pemerintah pusat, setelah Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa menjembatani keinginan Supriyono ke Kementerian Koordinator (Kemenko) Perekonomian.

Ke depan, Supriyono berharap pasca-pandemik berakhir, perusahaannya juga dapat menyumbang devisa negara melalui kegiatan ekspor. "Kita berharap diberi kesempatan berkarya, memberikan devisa dengan ekspor di luar negeri," ucapnya.

Baca Juga: Ikut Jokowi ke Jawa Timur, Rombongan Harus Rapid Test Dulu

3. Jokowi ingin berkunjung ke pabrik

Ditawari ke Pabrik APD Probolinggo, Jokowi: Saya Akan KunjungiPresiden Jokowi tiba di bandara Juanda, Surabaya untuk melakukan kunjungan ke Jawa Timur, Kamis (25/6). Dokumentasi Humas Pemprov Jawa Timur

Kecepatan PT Putrateja Sempurna membanting setir model usahanya ini pun ditanggapi positif oleh Jokowi. Dia menilai Supriyono sebagai pengusaha yang cepat menyesuaikan kebutuhan pasar. Adanya produksi APD dari perusahaan ini tentunya menambah persediaan di dalam negeri.

"Saya baru kemarin mendapat informasi, bahwa Indonesia sudah bisa memproduksi 17 juta APD setiap bulannya. Dan sudah minggu lalu kami memberikan dorongan agar kebutuhan di dalam negeri dicukupi 5 juta, baik APD atau masker," katanya.

Jokowi juga mengatakan ketertarikan berkunjung ke PT Putrateja Sempurna. "Nanti kalau ada waktu saya akan mengunjungi," dia menambahkan.

Baca Juga: Vidcon dengan Jokowi, Dirut RSI Unisma Sambat Ventilator

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya