Disnak Jatim Pastikan Stok Daging dan Telur Melimpah pada Nataru

Tapi, harga diprediksi tetap akan naik

Surabaya, IDN Times - Dinas Peternakan (Disnak) Jawa Timur (Jatim) memastikan stok daging dan telur pada Natal 2020 dan Tahun Baru 2021(Nataru) mencukupi. Meski begitu, harga komoditas tersebut diprediksi akan tetap merangkak naik karena tingginya permintaan dari konsumen.

"Umumnya kenaikan harga terjadi pada H-3 hingga H+3. Persentase kenaikannya mencapai 10-20 persen," ujar Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati, Senin (14/12/2020).

1. Daging sapi surplus tapi ada kenaikan harga

Disnak Jatim Pastikan Stok Daging dan Telur Melimpah pada NataruIlustrasi penjual daging sapi. IDN Times/Holy Kartika

Wemmi mengakui kenaikan harga daging dipengaruhi oleh harga psikologis bukan karena stoknya yang kurang. Sebab, selama Desember diperkirakan sekitar 10.197 ton daging sapi. Sementara untuk stok daging sapi tersedia 10.979 ton.

"Jadi, karena ada libur perayaan hari besar nasional, lalu harga dinaikkan," tuturnya.

2. Daging sapi diprioritaskan untuk warga Jatim

Disnak Jatim Pastikan Stok Daging dan Telur Melimpah pada NataruIlustrasi penjual daging sapi. IDN Times/Holy Kartika

Stok daging yang ada, kata Wemmi, akan diprioritaskan untuk warga Jatim terlebih dahulu. Apabila memang ada surplus, maka akan disalurkan atau dijual ke provinsi lain. Nah, stok daging sapi berasal dari peternakan yang ada pada hampir seluruh kabupaten/kota di Jatim.

"Peternakan sapi ada di Tuban, Bojonegoro, Lamongan, Magetan, Nganjuk dan lainnya. Paling banyak penghasil daging sapi adalah Madura, khususnya Sumenep," kata Wemmi.

Baca Juga: Geger Telur Jatim Beracun, Pemkot Pastikan Telur Surabaya Aman

3. Daging ayam dan telur stoknya melimpah

Disnak Jatim Pastikan Stok Daging dan Telur Melimpah pada NataruIlustrasi pasar tradisional. (IDN Times/Ervan Masbanjar)

Sementara untuk stok daging ayam broiler di Jatim pada Desember, sebanyak 43.852 ton dan kebutuhan untuk Jatim sebesar 31.768 ton. Untuk telur ayam ras pada Desember sebanyak 69.703 ton dan kebutuhan untuk Jatim sebanyak 29.971 ton.

"Dari ketersediaan daging sapi, daging ayam dan telur ayam, dapat diketahui kalau mencukupi dan ada kelebihan, serta dapat memenuhi kebutuhan rutin dan keperluan seperti Natal dan Tahun Baru 2021," pungkasnya.

Baca Juga: Bikin Lukisan dari Cangkang Telur, Ervan Raup Cuan Jutaan Rupiah

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya