Comscore Tracker

Dipimpin Politikus Muda, Demokrat Jatim Tak Jadi Pilihan Millennials

Demokrat berada di urutan keempat

Surabaya, IDN Times - Hasil survei yang dirilis Surabaya Survey Center (SSC) menyebut, PDIP menjadi Top of Mind atau partai pilihan Millennials Jawa Timur (Jatim) dengan 22,9 persen. Top of Mind sendiri merujuk pada hal yang paling pertama diingat saat ditanyakan.

Sementara Demokrat yang mempunyai figur Millennials seperti Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak berada di urutan keempat dengan 4,2 persen. Demokrat Masih berada di bawah PKB 9,5 persen dan Gerindra 5,8 persen. Emil sendiri merupakan Pelaksana tugas Ketua DPD Demokrat Jawa Timur.

Tak hanya itu, elektabilitas Demokrat saat ini di mata Millennials Jatim juga berada pada peringkat keempat. Posisinya masih di bawah PDIP 6,7 persen, PKB 16,3 persen dan Gerindra 9,5 persen. Survei ini dilakukan dari 5 hingga 25 Maret 2021 yang melibatkan 1.070 responden di 38 kabupaten/kota di Jatim.

1. Nilai Emil kurang tunjukkan identitas sebagai Demokrat

Dipimpin Politikus Muda, Demokrat Jatim Tak Jadi Pilihan MillennialsWakil Gubernur Jatim Emil Dardak. IDN Times/Margith Juita Damanik

Pengamat politik Universitas Airlangga (Unair), Hari Fitrianto menilai figur Emil Dardak kurang tersosialisasi di kalangan partainya. Bahkan banyak masyarakat yang belum mengetahui kalau Suami Arumi Bachsin itu juga menahkodai Demokrat Jatim.

"Mas Emil ini jarang banget menggunakan jaket Demokratnya ketika dia berada di ruang-ruang publik," ujarnya, Rabu (14/4/2021).

Baca Juga: Pengesahan KLB Ditolak Menkumham, Demokrat Jatim: Kebenaran Menang!

2. Emil masih memposisikan diri hanya sebagai wagub

Dipimpin Politikus Muda, Demokrat Jatim Tak Jadi Pilihan MillennialsIDN Times/Triadanti

Hari melihat, kalau mantan Bupati Trenggalek itu masih menjaga posisinya sebagai wakil gubernur ketimbang sebagai Plt Ketua DPD Partai Demokrat Jatim. Padahal, jika keduanya diperlihatkan maka akan membantu elektabilitas partai. Utamanya di kalangan Millennials.

"Kalau ingin meningkatkan elektabilitas Demokrat, tentunya Mas Emil harus mampu menunjukkan dirinya sebagai ketua partai politik,” tuturnya.

3. Sudah saatnya Demokrat rangkul Millennials

Dipimpin Politikus Muda, Demokrat Jatim Tak Jadi Pilihan MillennialsEmil Elestianto Dardak. IDN Times/Ardiansyah Fajar

Partai Demokrat, menurut Hari harus benar-benar melakukan kinerja untuk menunjukkan bahwa partai ini dipimpin kalangan Millennial. Mulai dari memanfaatkan media sosial sebagai media yang banyak diakses anak muda.

“Terpenting, Mas Emil sebagai ketua partai saat ini yang merupakan generasi Millennial harus berani menunjukkan dirinya sebagai nahkoda Partai Demokrat,” pungkasnya.

Baca Juga: Emil Dardak Soal Pelarangan Mudik, Tak Boleh Kecolongan Seperti 2020

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya