Banjir Rob Diprediksi Rendam Surabaya dan Sekitarnya Malam Ini

Lama-lama langganan nih

Surabaya, IDN Times - Banjir rob diprediksi melanda pesisir Jawa Timur (Jatim) mulai 26 - 31 Juli 2022. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) pun menerbitkan peringatan dini untuk masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di sekitar kawasan pesisir.

 

1. Banjir rob karena bulan purnama

Banjir Rob Diprediksi Rendam Surabaya dan Sekitarnya Malam Iniilustrasi pasang purnama (unsplash.com/Brian Yurasits)

Kasi Data dan Informasi BMKG Kelas I Juanda, Teguh Tri Susanto membenarkan bahwa pihaknya mengeluarkan kewaspadaan terkait banjir rob. Adapun penyebab banjir rob kali ini ialah adanya bulan purnama alias full moon pada akhir bulan Juli ini.

"Fase bulan purnama mempengaruhi kondisi pasang surut di bulan Juli 2022 yang berpotensi menyebabkan banjir rob dengan ketinggian genangan sekitar 10 - 30 cm sekitar pelabuhan dan pesisir," tulisnya seperti yang tertera di unggahan media sosial BMKG Juanda.

2. Berikut daftar wilayah terdampak

Banjir Rob Diprediksi Rendam Surabaya dan Sekitarnya Malam IniIlustrasi banjir bandang (IDN Times/Arief Rahmat)

Banjir rob, sambung Teguh, akan terjadi mulai pukul 17.00 - 19.00 WIB, 26 - 31 Juli di Pesisir Surabaya timur, termasuk Pasuruan, Sidoarjo, Probolinggo dan Sampang. Kemudian pukul 23.00 - 01.00 WIB, 26 - 28 Juli di Pesisir Surabaya barat, termasuk Gresik, Lamongan dan Tuban.

"Kalau di Pelabuhan Surabaya mulai 27 - 31 Juli 2022, pukul 10.00 - 12.00 WIB," katanya.

Baca Juga: Penurunan Muka Tanah Perparah Rob di Surabaya, Apa Solusinya?

3. Imbau pengguna tranportasi, petani dan pekerja pelabuhan untuk waspada

Banjir Rob Diprediksi Rendam Surabaya dan Sekitarnya Malam IniRuang pengamatan cuaca BMKG (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

BMKG pun mengimbau masyarakat lebih waspada. Karena banjir rob memang dapat mengganggu transportasi di sekitar pelabuhan dan pesisir. Kemudian juga mengganggu aktivitas petani garam.

"Juga perikanan, serta kegiatan bongkar muat di pelabuhan," pungkas dia.

Baca Juga: Banjir Rob Kembali Rendam Pesisir Surabaya

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya