TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Buruh Jatim Demo DPRD Jatim, Minta Posko Pengaduan THR

Tuntutan utamanya adalah pembatalan UU Ciptaker

Ilustrasi tuduhan (IDN Times/Mardya Shakti)

Surabaya, IDN Times - Buruh di Jawa Timur kembali menggelar unjuk rasa atas tuntutan mereka yang tak kunjung dipenuhi, Rabu (21/4/2021). Demonstrasi yang juga dilaksanakan serentak pada 150 daerah lain di Indonesia ini mengusung satu tuntutan utama yaitu pembatalan Undang-Undang Cipta Kerja alias Omnibus Law.

1. Buruh di Jatim kembali gelar demonstrasi

Ilustrasi Keterbatasan Berpendapat/Orasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Sekretaris PERDA KSPI FSPMI Jawa Timur, Jazuli menerangkan, aksi kali ini hanya diikuti oleh 200 orang massa aksi agar bisa tetap menerapkan protokol kesehatan. Para buruh yang datang dari berbagai daerah di Jatim ini akan berkumpul di satu titik yaitu Kebun Binatang Surabaya (KBS) sebelum kemudian long march ke titik aksi yaitu Gedung DPRD Provinsi Jatim.

"Tuntutan utama dari aksi ini adalah mendesak Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi untuk membatalkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja," ujar Jazuli melalui siaran pers yang diterima IDN Times, Rabu (21/4/2021).

Baca Juga: Jual Kaos hingga Jadi Buruh Tani, Cara Pekerja Proyek Bertahan Hidup

2. Minta adanya Perda Jaminan Pesangon

Ilustrasi Orasi/Kebebasan Berpendapat (IDN Times/Mardya Shakti)

Tuntutan berikutnya adalah meminta adanya Perda Jatim tentang Jaminan Pesangon ini merupakan sebagai janji Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan DPRD Provinsi Jawa Timur pada tahun 2019 lalu. Jazuli menagih janji yang hingga saat ini belum juga dilakukan pembahasan terkait Perda Jaminan Pesangon tersebut.

"Adanya Perda ini merupakan solusi untuk meminimalisir konflik atau perselisihan antara pekerja/buruh dengan pengusaha. Selain itu adanya Perda Jaminan Pesangon tersebut dapat meringankan beban pengusaha dalam hal membayar pesangon, karena konsepnya Jaminan Pesangon ini pembayarannya dicicil setiap bulannya," tuturnya.

Baca Juga: Buruh di Surabaya Demo, Bawa Lima Tuntutan untuk Khofifah

Berita Terkini Lainnya