Sandiaga Targetkan 4,4 Juta Lapangan Kerja Lewat UMKM

Mendorong UMKM untuk meningkatkan omset

Surabaya, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno menargetkan 4,4 juta lapangan pada 2024 kerja lewat Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Hal itu disampaikan Sandi saat berada di Taman Bungkul Surabaya, Sabtu (15/7/2023) untuk lari pagi dan bertemu pelaku UMKM. 

Sandi mengatakan, dukungan terhadap pelaku UMKM  diberikan untuk meningkatkan omzet mereka. "Pagi ini kita melihat antusiasme dari masyarakat di Taman Bungkul untuk olahraga, senam. Setelah itu mendukung para UMKM. Ternyata produk-produknya bisa kita bantu untuk dipasarkan untuk peningkatan omset mereka. Sehingga mereka bisa memperluas peluang usaha untuk menciptakan lapangan kerja, targetnya adalah 4,4 juta lapangan kerja baru 2024," ujar Sandi. 

Dorongan yang akan dilakukan mulai dari pemasaran, pembiayaan, sertifikasi halal hingga mempemudah perizinan. Termasuk soal kemasan atau packing. 

"Karena packaging ini penting sekali untuk penjualan. Karena produknya bagus, produknya enak, kulinernya lezat, kalau packaging kurang prima, maka kurang untuk memasarkannya. Apa lagi kalau ingin menembus pasar luar negeri," ungkap dia. 

Sandi berkomitmen untuk terus memaksimalkan UMKM. Dengan mempercepat peningkatan skala usaha UMKM.  "Kita harus ada di tengah-tengah masyarakat, kita percepat peningkatan skala usaha mereka, agar mereka bisa bersaing dengan usaha-usaha yang lebih dulu dan lebih besar," pungkas dia. 

Baca Juga: UMKM Dagang Lewat Expo BUMN, Transaksi Tembus Rp18,7 M

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya