Comscore Tracker

Berdalih Butuh Uang, Pria Ini Sasar Barang Antik di Dalam Rumah Kosong

Terancam hukuman 7 tahun penjara

Malang, IDN Times - Kepolisian Resort Kota Batu menangkap seorang tersangka pencurian barang antik. Tersangka berinisial HS tersebut diringkus oleh jajaran Reskrim Polres Kota Batu di rumahnya di Jl Welirang, kota Batu pada 23 Agustus lalu. 

1. Lakukan pencurian di tiga tempat

Berdalih Butuh Uang, Pria Ini Sasar Barang Antik di Dalam Rumah KosongIDN Times/ AlfiRamadana

Pelaku berinisial HS tersebut melakukan pencurian di tiga tempat. Tiga termpat tersebut yakni Jl Mawar, Jl Diponegoro dan Jl Panglima Sudirman, Kota Batu. Pelaku melakukan pengintaian terlebih dahulu pada siang harinya lalu datang lagi pada malam harinya untuk melakukan aksi pencurian. Beberapa barang yang diambil oleh pelaku dari tiga tempat tersebut adalah 1 lemari dan dua buffet. 

"Barangnya ditaruh di rumah saya. Rencananya nanti akan dijual," ucap HS saat giat rilis, Senin (16/9). 

2. Gunakan linggis untuk bobol rumah

Berdalih Butuh Uang, Pria Ini Sasar Barang Antik di Dalam Rumah KosongIDN Times/ Alfi Ramadana

Sasaran utama HS adalah rumah-rumah kosong yang menyimpan barang antik.  Tak sendirian, untuk masuk ke dalam rumah, HS dibantu rekanya berinisial JHN untuk membawa barang curian menggunakan mobil bak terbuka. 

"Barangnya diangkut menggunakan mobil pick up. Rencananya nanti mau dijual," tambahnya. 

3. Terancam 7 tahun

Berdalih Butuh Uang, Pria Ini Sasar Barang Antik di Dalam Rumah KosongIDN Times/ Alfi Ramadana

Salah satu dari rumah yang disatroni oleh pelaku merupakan rumah milik mendiang Munir. Atas kejahatanya tersebut, pelaku HS terancam hukuman 7 tahun penjara. Saat ini polisi juga masih melakukan pengejaran terhadap tersangka lain yakni JHN yang masih buron. 

"Pelaku ini sepertinya sudah tahu ada barang antik di beberapa rumah tersebut. Saat ini barang hasil curian yang sudah dijual sekitar Rp 4 juta. Sisanya masih kami selidiki lagi," ungkap Kasat Reskrim Polres Kota Batu, AKP Hendro Triwahyono.

4. Barang dijual di Kota Batu

Berdalih Butuh Uang, Pria Ini Sasar Barang Antik di Dalam Rumah KosongIDN Times/ Alfi Ramadana

Barang-barang hasil curian tersebut dijual tidak jauh. Pelaku menjual barang-barang tersebut masih di sekitar Kota Batu. Saat ini polisi juga masih mengembangkan kasus tersebut untuk memastikan apakah pelaku merupakan bagian dari jaringan atau hanya bergerak sendiri. 

"Kami masij terus melakukan penyelidikan. Termasuk juga mengejar satu pelaku lagi yang saat ini masih buron," tandasnya. 

Baca Juga: Bacok Polisi Saat Diringkus, Pelaku Pencurian Dihadiahi Timah Panas

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You