Comscore Tracker

Mendag Menjamin Harga Terigu September Turun

Harga terigu di Surabaya berkisar Rp11 ribu

Surabaya, IDN Times - Konflik Ukraina dengan Rusia berdampak pada harga tepung terigu di Indonesia. Seperti halnya yang dijumpai IDN Times di Pasar Dukuh Kupang, Surabaya. Pedagang mengaku sambat karena komoditas ini terus naik harganya. Sementara pemerintah hanya menjanjikan harganya akan segera normal lagi.

1. Harga terigu Rp11 ribu per kg

Mendag Menjamin Harga Terigu September TurunPedagang di Pasar Dukuh Kupang, Sari saat diwawancara, Minggu (14/8/2022). IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Salah satu pedagang di Pasar Dukuh Kupang, Sari menyebut harga tepung terigu sekarang berada di kisaran Rp11 ribu kilogram (kg). Menurut dia, harga tepung terigu memang tidak naik signifikan, tapi tiap bulannya mengalami kenaikan.

"Bulan lalu masih Rp10 ribu, sekarang sudah Rp11 ribu. Kalau harga normalnya Rp8 ribu," ujarnya saat ditemui IDN Times, Minggu (14/8/2022).

Baca Juga: Mendag Bantah Harga Mi Instan Bakal Naik 3 Kali Lipat

2. Stoknya padahal masih aman

Mendag Menjamin Harga Terigu September TurunMendag, Zulkifli Hasan saat sidak Pasar Dukuh Kupang, Surabaya, Minggu (14/8/2022). IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Ketika ditanya apakah kenaikan tepung terigu ini berkaitan dengan stoknya yang menipis, Sari menepisnya. Dia menyebut kalau sejauh ini tepung terigu tidak pernah langka. Stoknya selalu mencukupi.

"Stoknya sih aman, gak pernah kurang kok," kata Sari.

3. Dijamin September turun

Mendag Menjamin Harga Terigu September TurunMendag, Zulkifli Hasan saat sidak Pasar Dukuh Kupang, Surabaya, Minggu (14/8/2022). IDN Times/Ardiansyah Fajar.

Sementara itu, Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan mengakui kalau harga tepung terigu masih terus naik. Tapi, dia mengupayakan harga komoditas ini segera turun. Bahkan, dia menjamin penurunan itu akan terjadi pada bulan depan, tepatnya September.

"Terigu naik sedikit, kemungkinan September sudah panen raya, diplomasi Pak Presiden di Ukraina berhasil, jadi terigu dari Ukraina sudah keluar. Terigu nanti September akan turun," tegas dia usai sidak Pasar Dukuh Kupang.

Baca Juga: Masyarakat Mengeluh Harga Tepung Terigu Meroket

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya