Comscore Tracker

Okupansi Mulai Naik, Pengusaha Hotel Bernapas Lega

Bisa penuhi kebutuhan untuk karyawan

Batu, IDN Times - Pengusaha perhotelan di Kota Batu mulai bisa bernapas lega. Pasalnya dalam beberapa hari terakhir okupansi perhotel di kawasan Kota Batu mulai beranjak naik. Masyarakat yang sudah menjalani lebaran di kampung halamannya memanfaatkan kesempatan waktu sisa libur untuk berwisata. Hal itu berdampak pada kenaikan okupansi perhotelan di Kota Batu. 

1. Okupansi sudah mendekati 70 persen

Okupansi Mulai Naik, Pengusaha Hotel Bernapas LegaPegipegi

Ketua PHRI Kota Batu, Sujud Hariadi menjelaskan bahwa okupansi perhotelan di Kota Batu sudah berangsur-angsur meningkat. Pada masa libur lebaran kali ini, okupansi hotel sudah mulai bergerak mencapai 50 persen. Bahkan saat ini okupansi terus naik lebih dari 50 persen.

"Beberapa hotel sudah ada yang sampai 70 persen. Hal ini sudah bagus karena okupansi sudah mendekati normal. Sebagian tamu dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan yang paling banyak dari Surabaya Raya," katanya Rabu (4/5/2022). 

Baca Juga: Informasi Taman Pinus Campervan Park, Wisata Camping Hits di Batu

2. Bisa tutup beban operasional

Okupansi Mulai Naik, Pengusaha Hotel Bernapas LegaIlustrasi hotel

Kenaikan okupansi itu sangat berarti bagi para pengusaha. Paling tidak kini pengelola tidak lagi kebingungan untuk menutup beban operasional setiap bulannya. Termasuk juga menyelesaikan kewajiban kepada para karyawan seperti pemberianTunjangan Hari Raya (THR). Walaupun selama ini kerugian yang dialami selama pandemik COVID-19 masih belum pulih penuh.

"Dengan kenaikan okupansi yang terjadi, kewajiban-kewajiban perusahaan bisa diselesaikan. Meskipun kerugian secara keseluruhan dalam dua tahun terakhir belum kembali," imbuhnya. 

3. Karyawan sudah masuk semua

Okupansi Mulai Naik, Pengusaha Hotel Bernapas LegaHotel Tugu Malang tetap berupaya bertahan ditengah pandemik COVID-19 yang masih terjadi. Dok/Hotel Tugu Malang

Hal yang sama diungkapkan oleh Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang, Agoes Basoeki. Ia menyebut bahwa saat ini seluruh karyawan di hotel-hotel sudah mulai masuk semua. Bahkan para pengusaha hotel kini sudah bisa membayarkan kewajibannya kepada para karyawan, termasuk membayar penuh gaji karyawan.

"Sekarang gaji juga sudah mulai normal. Karyawan juga sudah mulai masuk semua. Kewajiban THR juga sudah terpenuhi," sambungnya. 

4. Beberapa hotel bahkan sempat menolak tamu karena penuh

Okupansi Mulai Naik, Pengusaha Hotel Bernapas LegaHotel Tugu Malang harus merayakan anniversary ke 30 di tengah masa pandemik COVID-19. Dok/Hotel Tugu Malang

Agoes menyebut bahwa beberapa hotel bahkan sempat menolak tamu lantaran sudah penuh. Hal itu terjadi pada saat bulan Ramadhan kemarin. Hal ini merupakan imbas dari kebijakan pelonggaran aturan dari pemerintah berimbas pada kenaikan okupansi termasuk agenda meeting, incentive, convention, and exhibition (MICE). 

"Tahun ini MICE mulai tumbuh. Kuliner juga mulai bagus. Bahkan kemarin saat Ramadhan sejumlah hotel hampir selalu penuh saat momen buka puasa," tandasnya.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya