5 Pemain Arema FC yang Dicuekin Fernando Valente

Evan Dimas paling disorot

Kehadiran Fernando Valente membuat perubahan positif untuk Arema FC. Pelatih asal Portugal itu memberikan asa Singo Edan untuk bangkit usai terpuruk pada awal musim Liga 1 Indonesia 2023/2024. Kini, Fernando hanya membutuhkan beberapa langkah lagi untuk mewujudkan hal tersebut.

Fernando sendiri tetap berupaya membuat ramuan terbaik yang cocok diterapkan di Arema sejauh ini. Ia masih terlihat mencari pemain-pemain yang ulung untuk mengisi posisi yang diharapkan. Wajar saja, Singo Edan banyak dihuni penggawa muda yang minim pengalaman pada 2023/2024.

Fernando sudah membuat perubahan untuk komposisi pemain utama Arema. Diketahui, ia menyingkirkan beberapa pemain namun juga memberi kesempatan bagi pemain lainnya untuk unjuk gigi. Ada setidaknya 5 pemain Arema yang disingkirkan Fernando Valente sejauh ini.

1. Fernando Valente benar-benar tak melirik Evan Dimas

5 Pemain Arema FC yang Dicuekin Fernando ValenteEvan Dimas (instagram.com/aremafcofficial)

Evan Dimas menjadi pemain yang paling disorot sejak Arema dibesut Fernado Valente pada 2023/2024. Bagaimana tidak, grafik performa eks bintang Timnas Indonesia U-19 itu menurun drastis sejauh ini. Evan baru membukukan statistik 1 laga dengan 7 menit tampil pada era kepelatihan Fernando di Arema.

Padahal, sebelumnya, Evan tampak diberi kepercayaan oleh dua pelatih Arema, I Putu Geda dan Joko Susilo. Pemain berusia 28 tahun itu sempat membukukan 5 penampilan dengan 199 menit tampil pada awal Liga 1 2023/2024. Akan tetapi, kepercayaan itu tak berlanjut sejak Arema ditukangi pelatih baru.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan peran Evan tersingkir. Pertama, sang pelatih sudah mengetahui kekurangan Evan. Kedua, konsistensi permainan Jayus Hariono bikin Evan tak berkutik. Ketiga, munculnya wonderkid baru, Arkhan Fikri, bikin keberadaan Evan makin terbenam. Jayus dan Arkhan sendiri jadi gelandang andalan Arema bersama Ariel Lucero sejauh ini.

Baca Juga: 2 Pemain Lokal Jadi Korban Pertama Rencana Perombakan Arema FC

2. Ichaka Diarra gagal memenuhi ekspetasi Arema

5 Pemain Arema FC yang Dicuekin Fernando ValenteIchaka Diarra (instagram.com/aremafcofficial)

Selanjutnya, ada pemain asing dalam daftar ini. Ia adalah Ichaka Diarra, bek 28 tahun asal Mali. Performanya benar-benar menurun sejak Arema ditukangi Fernando Valente.

Buktinya, Ichaka baru membukukan 2 laga dengan 154 menit bermain bersama Fernando. Catatan itu berbeda jauh dengan catatannya pada awal musim Liga 1 2023/2024. Sebelumnya, Ichaka selalu jadi pilihan utama dengan 9 penampilan (531 menit) saat Arema masih dibesut I Putu Gede dan Joko Susilo.

3. Posisi Hamdi Sula diganti oleh pemain muda lainnya di Arema

5 Pemain Arema FC yang Dicuekin Fernando ValenteHamdi Sula (instagram.com/aremafcofficial)

Peran Hamdi Sula sempat dominan di Arema pada awal musim Liga 1 2023/2024. Berperan sebagai wingback kanan, eks PSMS Medan itu impresif dengan catatan 462 menit tampil dalam 7 laga sebelumnya. Hamdi menjadi pemain kepercayaan I Putu Gede dan Joko Susilo ketika itu.

Namun, semenjak Arema dinakhodai Fernando Valente, kepercayaan itu sudah tidak berlaku lagi. Bahkan, bisa dibilang, Hamdi merupakan pemain buangan pelatih anyar Singo Edan itu saat ini. Hal tersebut bisa dibuktikan setelah sang pemain belum pernah tampil bagi Arema pada era kepelatihan Fernando.

Menariknya, Arema sudah memutuskan untuk melepas Hamdi musim ini. Ia dilepas ke mantan klubnya, PSMS, dengan status pinjaman. Hamdi dipinjamkan sampai akhir Liga 1 2023/2024.

4. Samsudin tak mendapat tempat utama lagi di Arema

5 Pemain Arema FC yang Dicuekin Fernando ValenteSamsudin (instagram.com/aremafcofficial)

Selain Hamdi Sula, Arema juga resmi melepas Samsudin di tengah bergulirnya Liga 1 2023/2024. Eks pemain Deltras Sidoarjo ini juga dilepas dengan skema peminjaman ke klub Liga 2 Indonesia. Samsudin dipinjamkan ke Persikab Bandung untuk bereuni dengan pelatih Arema sebelumnya, I Putu Gede.

Keputusan Arema melepas Samsudin itu didasari karena grafik perfomanya yang menurun. Sejak Arema dilatih Fernando Valente, ia belum sekali pun tampil. Posisinya diganti oleh Ginanjar Wahyu atau Dedik Setiawan di sektor flank Arema.

Padahal, jika menilik statisik sebelumnya, Samsudin sempat menonjol pada awal musim Liga 1 2023/2024. Pemain berusia 26 tahun itu menorehkan catatan 5 laga dengan 241 menit tampil. Samsudin jadi pilihan utama saat Arema masih dinakhodai I Putu Gede.

5. Bayu Aji berada di urutan terakhir

5 Pemain Arema FC yang Dicuekin Fernando ValenteBayu Aji (instagram.com/aremafcofficial)

Performa Bayu Aji turut menurun drastis semenjak Arema kedatangan Fernando Valente. Ia belum sekali pun diberi kesempatan tampil sejauh ini. Biasa bermain di pos bek kanan, kini peran Bayu diganti oleh dua nama layaknya Rifad Marasabessy dan Ahmad Figo.

Bayu sendiri bermain lumayan apik pada awal musim Liga 1 2023/2024. Ia membukukan 4 penampilan dengan 183 menit tampil. Bayu sempat jadi pemain yang diperhitungkan saat Arema masih dilatih I Putu Gede dan Joko Susilo.

Dari semua pemain di atas, sudah ada dua pemain yang resmi dilepas Arema FC pada paruh musim Liga 1 Indonesia 2023/2024. Mereka adalah Hamdi Sula dan Samsudin. Apakah pemain lainnya akan menyusul?

Baca Juga: Arema FC Beruntung karena 2 Kartu Merah Pemain Dewa United

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya