Jamu Persija, Kesempatan Arema FC Lepas dari Zona Degradasi

Singo Edan wajib menang

Arema FC mempunyai kesempatan untuk mentas dari jurang degradasi Liga 1 Indonesia 2023/2024. Itu bisa digapai jika mereka meraup kemenangan dari Persija Jakarta pada pekan ke-26 liga. Kebetulan, pertandingan keduanya akan dihelat pada Senin (26/2/2024) esok.

Arema berada dalam momentum positif jelang menyambut pertandingan ini. Mereka baru saja mendulang kemenangan atas RANS Nusantara pada laga terakhir. Itu kian membuka harapan Singo Edan untuk lepas dari jeratan zona degradasi Liga 1 2023/2024. Ini jelas menjadi pencapaian yang begitu dinanti-nantikan bagi Aremania.

1. Kemenangan dari RANS membuka asa bangkit Arema bersama pelatih baru, Widodo Cahyono Putro

Jamu Persija, Kesempatan Arema FC Lepas dari Zona DegradasiArema FC dalam laga melawan RANS Nusantara pada pekan ke-25 Liga 1 2023/2024. (instagram.com/aremafcofficial)

Keputusan Arema FC untuk mendatangkan pelatih baru, Widodo Cahyono Putro, rupanya memberikan dampak positif pada putaran kedua Liga 1 2023/2024. Mereka berhasil meraih kemenangan saat menekuk RANS Nusantara 3-2 pada pekan ke-25 liga. Itu bikin Singo Edan memutus catatan tanpa kemenangan mereka dalam dua laga terakhir.

Kemenangan atas RANS sendiri menghidupkan asa Arema untuk bangkit di Liga 1 2023/2024. Sebab, mereka berhasil memperpendek jarak poin dari tim terdekat, Persita Tangerang, di tangga ke-15 klasemen sementara. Singo Edan (24 poin) hanya terpaut tiga poin dari Persita (27 poin).

Arema hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk bisa menyalip Persita sekaligus mentas dari zona merah Liga 1. Ini dapat terjadi usai mereka unggul dalam jumlah kalkukasi selisih gol. Singo Edan benar-benar wajib mengejar kesempatan tersebut saat bersua Persija Jakarta pada pekan ke-26 mendatang.

Baca Juga: Debut Manis Widodo Cahyono Putro Bersama Arema FC

2. Cetak brace, Charles Lokolingoy jadi suksesor Gustavo Almeida?

Jamu Persija, Kesempatan Arema FC Lepas dari Zona DegradasiCharles Lokolingoy dalam laga melawan Arema FC versus RANS Nusantara pada putaran kedua Liga 1 2023/2024. (instagram.com/aremafcofficial)

Komposisi pemain Arema FC tampak berubah dengan hadirnya Widodo Cahyono Putro. Bahkan, ini hampir terjadi untuk seluruh sektor di atas lapangan. Asumsi itu bisa dibuktikan melalui pertandingan terakhir Singo Edan kontra RANS Nusantara pada pekan ke-25 Liga 1 2023/2024.

Sektor penyerang menjadi salah satu sektor yang dirombak Widodo Cahyono Putro. Paling tampak, eks pelatih Deltras Sidoarjo ini menempatkan Charles Lokolingoy (sayap) sebagai ujung tombak. Ia menggantikan peran bomber asing lainnya, Gilbert Alvarez, yang duduk di bangku cadangan.

Upaya coach Widodo itu pun berbuah manis. Dalam laga menghadapi RANS, Lokolingoy menjalankan perannya dengan baik dengan menyumbang dua gol bagi Arema. Kini, Lokolingoy telah mengemas 4 gol dari 19 laga sekaligus memunculkan asumsi dia pantas jadi pengganti eks mesin gol Arema pada putaran pertama Liga 1 2023/2024, Gustavo Almeida.

3. Widodo Cahyono Putro mengembalikan kepercayaan pemain lokal Arema yang terpinggirkan oleh Fernando Valente

Jamu Persija, Kesempatan Arema FC Lepas dari Zona DegradasiJohan Alfarizi (instagram.com/aremafcofficial)

Di satu sisi, Widodo Cahyono Putro tampak mengembalikan kepercayaan pemain yang sempat tersisihkan oleh pelatih sebelumnya, Fernando Valente. Ini dilakukan karena coach Widodo menilai semua pemain itu memiliki kualitas dan pengalaman yang bisa diandalkan. Pemain-pemain yang di maksud sendiri adalah Johan Alfarizi, Bagas Adi Nugroho, dan Muhammad Rafli.

Ketiga pemain tersebut masuk dalam starting line up Arema FC saat membabat RANS Nusantara pada pekan ke-25 Liga 1 2023/2024. Namun, hanya Alfarizi dan Bagas Adi yang bermain penuh selama 90 menit. Kendati demikian, dari hal itu, Arema benar-benar tampak membutuhkan sosok pelatih yang mengetahui karakter tim untuk dapat berkembang lebih baik.

4. Persija dalam tren menurun di Liga 1

Jamu Persija, Kesempatan Arema FC Lepas dari Zona DegradasiPersija Jakarta saat menghadapi Arema FC pada putaran pertama Liga 1 2023/2024. (instagram.com/aremafcofficial)

Arema FC memiliki kans meraup hasil optimal saat menjamu Persija Jakarta pada pekan ke-26 Liga 1 2023/2024. Ini disebabkan calon lawan tengah mengalami penurunan performa. Persija selalu kalah dalam dua laga terakhir saat bertemu Borneo FC (pekan 24) dan Madura United (pekan 25).

Walau demikian, Persija tetap menjadi ancaman berbahaya bagi Arema. Apalagi, ini didukung dengan keberadaan sang top skor Liga 1 2023/2024, Gustavo Almeida. Goal Getter asal Brasil ini jelas menjadi sosok yang patut diwaspadai SIngo Edan jika ingin meraup hasil optimal nantinya. Sebab, mantan striker mereka ini bisa saja menjadi mimpi buruk bagi Arema sendiri.

Arema FC dan Persija Jakarta dipastikan akan saling sikut untuk memperoleh poin sempurna saat berjumpa pada pekan ke-26 Liga 1 Indonesia 2023/2024. Dikatakan demikian lantaran kedua kesebelasan sama-sama membutuhkan pundi-pundi poin demi mendongkrak posisi di klasemen sementara liga.

 

Baca Juga: Debut Manis Widodo Cahyono Putro Bersama Arema FC

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya