Fakta Askarbek Saliev, Eks Timnas Kirgistan yang Bela Deltras

Ia diharapkan mampu mengangkat Deltras ke Liga 1

Deltras Sidoarjo menyongsong Liga 2 Indonesia 2023/2024 dengan skuad materi pemain terbaik. Mereka melakukannya demi mencapai target bersaing di papan atas musim ini. The Lobster berjuang demi bisa naik kasta ke Liga 1 pada 2024/2025.

Salah satu pemain paling berharga Deltras adalah Askarbek Saliev, pemain berusia 28 tahun yang pernah memperkuat Timnas Kirgistan. Pemain setinggi 186 sentimeter itu diketahui sebagai pemain yang biasa bermain di lini pertahanan. Ini dia fakta singkat Askarbek Saliev. Simak, ya!

1. Langganan klub juara di Liga Kirgistan

Fakta Askarbek Saliev, Eks Timnas Kirgistan  yang Bela DeltrasAskarbek Saliev (instagram.com/deltras.official)

Saliev adalah pemain yang serba bisa di lini pertahanan. Pemain kelahiran 25 Mei 1995 itu bisa bermain sebagai bek sayap kanan ataupun kiri. Namun, peran utamanya menjadi sosok stopper alias bek tengah.

Saliev memulainya bareng Alga Bishkek, tim yang sudah mengoleksi 5 trofi Liga Kirgistan. Namun, ia memilih pindah ke klub lain pada 2018. Sang pemain kembali hijrah ke tim Kirgistan yang lebih top, Dordoi Bishkek.

Saliev bertahan selama 2 musim bareng tim yang mengemas 13 trofi Liga Kirgistan tersebut. Selanjutnya, ia kembali memperkuat klub lain yang cukup apik secara prestasi, seperti Ilbirs Bishkek, Alay Osh, dan Neftchi Kochkor-Ata. Saliev pun melanjutkan kariernyaa hingga awal 2023 di Liga Kirgistan.

2. Sempat menjadi bagian dari Timnas Kirgistan

Fakta Askarbek Saliev, Eks Timnas Kirgistan  yang Bela DeltrasAskarbek Saliev (instagram.com/deltras.official)

Menariknya, selain jadi langganan tim raksasa, Saliev juga merupakan eks penggawa Timnas Kirgistan. Ia bahkan pernah bermain untuk tiga kelompok usia berbeda, yaitu U-21, U-23, dan senior.

Kontribusi terbaik Askarbek Saliev dicatatkannya saat membela Kirgistan U-23. Ia membukukan tiga caps sejak debut pada 2018. Sedangkan, bersama dua kelompok usia lainnya, sang pemain belum menorehkan catatan yang menonjol.

Baca Juga: 5 Fakta Jose Chaves, Juru Gedor Asing Deltras Sidoarjo

3. Performa Saliev cenderung menurun dalam beberapa musim terakhir

Fakta Askarbek Saliev, Eks Timnas Kirgistan  yang Bela DeltrasAskarbek Saliev (instagram.com/deltras.official)

Saliev terakhir kali bermain di Liga Kirgistan pada awal 2023. Ia selanjutnya memilih hijrah ke luar negeri. Sang pemain bergabung bersama Club Eagles pada 28 Januari 2023. Klub yang berkiprah di liga utama Maladewa.

Hanya saja, kebersamaan Askarbek Saliev bareng Club Eagles bertahan seumur jagung. Pemain berusia 28 tahun ini hanya diandalkan selama separuh musim. Saliev resmi dilepas klub Maladewa itu pada akhir kompetisi musim 2022/2023 lalu.

Performanya cenderung menurun pada dua musim terakhir. Bahkan, nilai pasarnya di situs Transfermarkt menyusut hingga di bawah Rp1 miliar pada 2023. Padahal, nilai pasarnya pernah menyentuh angka Rp3,48 miliar pada 2022.

4. Karier anjlok, Askarbek mengadu nasib di Liga Indonesia sejak 2023

Fakta Askarbek Saliev, Eks Timnas Kirgistan  yang Bela DeltrasAskarbek Saliev (instagram.com/deltras.official)

Selepas berpisah dengan Club Eagles, Saliev sempat tak memiliki klub. Namun, Deltras Sidoarjo datang sebagai klub penyelamat. Klub asal Jawa Timur itu resmi mengikat kontraknya sejak 1 Agustus 2023.

Saliev jadi salah satu pemain asing Deltras mengarungi Liga 2 Indonesia 2023/2024. Meski karier tengah menurun, bukan berarti ia tak bisa bangkit bersama The Lobster. Apalagi, usia Askarbek masih berada dalam usia keemasan sepak bola saat ini.

 

Askarbek Saliev diketahui selalu tampil penuh saat membela Deltras Sidoarjo di Liga 2 Indonesia 2023/2024. Ia sudah mengantongi statistik 180 menit tampil dalam 2 laga sejauh ini. Hal itu jelas menandakan jika The Lobster begitu memercayai peran sang pemain di lini pertahanan tim.

 

Baca Juga: 5 Fakta Jose Chaves, Juru Gedor Asing Deltras Sidoarjo

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya