Joko Susilo Respect pada Suporter Persita saat Lawan Arema FC

North Legion membentangkan kain dukungan Tragedi Kanjuruhan

Malang, IDN Times - Arema FC berhasil mengalahkan tuan rumah Persita Tangerang dengan skor 0-1 saat bertanding di Stadion Indomilk Arena pada Sabtu (01/04/2023) malam. Arema FC berhasil unggul berkat gol semata wayang Rizky Dwi Febrianto di menit 88.

Yang menarik dalam laga ini adalah aksi pendukung Persita Tangerang di tribun utara Stadion Indomilk Arena, North Legion. Mereka membentangkan kain putih bertuliskan 'Kami Tidak Akan Pernah Lupa #KanjuruhanDisaster.'

1. Joko Susilo mengatakan dirinya terharu dengan aksi dari pendukung Persita Tangerang yang mendukung korban Tragedi Kanjuruhan

Joko Susilo Respect pada Suporter Persita saat Lawan Arema FCPelatih Arema FC, Joko Susilo. (Dok. Media Officer Arema FC)

Pelatih Kepala Arema FC, Joko Susilo mengaku terharu dengan aksi dari North Legion tersebut. Menurutnya sudah lama ia dan anak asuhnya tidak mendapatkan support dari penonton, apalagi ini dari suporter tuan rumah.

"Tentu saja (menambah semangat kami), karena beberapa kali kami bermain tanpa penonton. Siapapun yang mendukung kami menjadi semangat," terangnya saat dikonfirmasi pada Minggu (02/04/2023).

Pria yang akrab disapa Gethuk ini memang merindukan pertandingan dengan banyak suporter. Pasalnya selama ini mereka bertanding di Stadion Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) Jakarta Selatan dengan tanpa penonton akibat sanksi dari Komisi Disiplin (Komdis) PSSI.

"Kami respect sekali dengan suporter Persita, kami mengucapkan terima kasih dan respect. Karena mendukung timnya dan memberikan support pada kami," tegasnya.

Baca Juga: Arema FC Hadapi Persita Tangerang dengan Kondisi Compang-camping

2. Joko Susilo sebut kemenangan ini jadi angin segar di tengah krisis di tubuh tim Singo Edan

Joko Susilo Respect pada Suporter Persita saat Lawan Arema FCJayus Hariono saat menghadang pergerakan pemain Persita Tangerang. (Dok Media Officer Arema FC)

Gethuk mengungkapkan rasa bangga dengan pemain-pemainnya. Pasalnya mereka tetap bisa bermain ngotot di tengah kondisi tim yang diterpa badai cedera. Menurutnya mental anak asuhannya tidak perlu diragukan lagi.

"Situasi kami belum normal, artinya banyak pemain kami yabg absen dalam pertandingan ini. Tapi kami bangga para pemain kami bisa bermain all out. Selain bangga, kami juga ucapkan terima kasih pada pemain kami," bebernya.

Ia mengucapkan terima kasih pada Aremania yang mendukung dari jauh karena sanksi dari Komisi Disiplin PSSI. Ia mengapresiasi setiap kepercayaan yang diberi para supporter Singo Edan di tengah kondisi yang tidak menyenangkan ini.

"Kami juga berterima kasih pada Aremania, karena bagaimanapun situasinya kami selalu mendapatkan support dari saudara-saudara saya di Malang. Mereka mendukung kita lewat WA atau lewat online, apapun situasinya mereka masih mendukung kita," ucapnya.

Baca Juga: Lawan Persita, Arema FC Wajib Ngotot Demi Perbaiki Situasi

3. Kemenangan ini didedikasikan oleh Arema FC untuk ulang tahun Kota Malang yang ke-109

Joko Susilo Respect pada Suporter Persita saat Lawan Arema FCKapten Arema FC, Johan Ahmad Farizi. (Dok Media Officer Arema FC)

Pria 52 tahun ini menyampaikan jika kemenangan Singo Edan persembahkan untuk ulang tahun Kota Malang yang ke-109. "Ini adalah harapan kami yang saya sampaikan pada teman-teman dan seluruh tim agar memberikan apa yang bisa diberikan pada Kota Malang, tentu kemenangan," jelasnya.

Gethuk mengakui jika kemenangan melawan Persita Tangerang sama sekali tidak mudah. Pasalnya anak asuh Luis Durán ini menampilkan permainan yang menyulitkan Abel Camara dan kawan-kawan.

"Tentu kami sedikit merubah taktik, taktik itu dengan merubah sistem. Kemudian memasukkan beberapa pemain itu untuk merubah diferensiasi penyerangan kami," pungkasnya.

Dengan hasil ini Arema FC naik satu peringkat di klasemen Liga 1 Musim 2022/2023 menjadi peringkat 11 dengan mengoleksi 41 poin dari 31 pertandingan. Sementara Persita Tangerang tertahan di peringkat 9 dengan 44 poin dari 32 pertandingan.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya