Arema FC Raih Kemenangan Kedua, Fernando Valente Bongkar Resepnya

Arema FC sukses bungkam Bhayangkara FC dengan skor 0-2

Malang, IDN Times - Arema FC kembali berhasil meraih kemenangan setelah bertemu Bhayangkara FC pada pekan ke-11 Liga 1 Musim 2023/2024 di Stadion di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi pada Jumat (1/9/2023) pukul 19.00 WIB. Arema FC bungkam The Guardian di kandangnya sendiri dengan skor 0-2, gol dicetak oleh Ginanjar Wahyu dan Charles Lokolingoy.

Dengan hasil ini, Singo Edan terus merangkak naik menjauhi dasar klasemen dengan mengoleksi 9 poin dan berhasil naik ke peringkat 16 di tabel klasemen. Sementara Bhayangkara FC kian terjungkal di dasar klasemen dengan 5 poin dari 11 pertandingan.

1. Fernando Valente beberkan rahasia peningkatan performa tim di 2 laga Arema FC

Arema FC Raih Kemenangan Kedua, Fernando Valente Bongkar ResepnyaMuhammad Rafli saat berjibaku dengan 2 pemain Bhayangkara FC. (Dok. Media Officer Arema FC)

Sejak Fernando Valente menjadi pelatih Singo Edan, Arema FC berhasil mengemas poin sempurna ketika menghadapi Persikabo 1973 dan Bhayangkara FC. Hal ini membuat publik bertanya-tanya bagaimana cara pelatih asal Portugal ini meracik tim.

Pelatih 64 tahun ini menjawab bahwa sejak awal ia sudah sampaikan tidak bisa membuat sebuah keajaiban pada Arema FC. Tapi tentu ia akan memberi ide-ide baru. Kemudian dalam dua pertandingan, para pemain Singo Edan bisa paham apa keinginannya.

"Yang saya berikan adalah ide-ide baru, tapi yang paling penting adalah kembalinya kepercayaan diri para pemain. Dan mereka bisa bermain seperti yang saya mau," ucapnya.

Fernando Valente juga mengatakan jika para pemain lokal menunjukkan kualitasnya. Sehingga ia yakin para pemain lokal bisa berkembang lebih jauh lagi. Tapi ia mengingatkan kalau masih banyak pekerjaan di tim ini.

2. Arema FC sangat kelelahan saat menghadapi Bhayangkara FC, sehingga tidak bisa mengontrol pertandingan

Arema FC Raih Kemenangan Kedua, Fernando Valente Bongkar ResepnyaJayus Hariono saat memegang bola di laga melawan Bhayangkara FC. (Dok. Media Officer Arema FC)

Mantan pelatih Shakthar Donetsk B ini juga membeberkan kalau timnya sudah sangat kelelahan karena jeda jeda pertandingan yang singkat. Oleh karena itu mereka tidak bisa melakukan penguasaan bola lebih baik, terlihat juga banyak keputusan salah yang diambil. Tapi untungnya Julian Schwarzer tampil impresif di bawah mistar gawang.

"Ini adalah pertandingan yang sangat sulit, tapi para pemain bisa menjalankan instruksi saya dengan baik. Kita sudah bermain seperti yang saya harapkan, kita layak mendapat 3 poin," ujarnya.

Ia mengatakan jika 6 poin yang mereka raih dalam 2 pertandingan ini adalah hasil yang bagus. Tapi mereka kini harus kembali memulai dari awal untuk menghadapi pertandingan selanjutnya menghadapi Persita Tangerang. Tapi mereka bisa bernafas lega karena ada jeda 2 Minggu.

"Kemenangan ini sangat penting bagi kita. Tapi kita masih memiliki banyak pekerjaan, terkhusus kepada para pemain saat jeda panjang ini. Kita akaj terus berlatih untuk mendapatkan poin-poin berikutnya," ucapnya.

Baca Juga: Fernando Valente Merasa Kondisi Tim Arema FC Tidak Adil 

3. Ginanjar Wahyu persembahan gol perdananya untuk Achmad Maulana

Arema FC Raih Kemenangan Kedua, Fernando Valente Bongkar ResepnyaPemain anyar Arema FC, Ginanjar Wahyu (kanan) dan Maulana Syarif (kiri). (Dok Media Officer Arema FC)

Gelandang muda Arema FC, Ginanjar Wahyu berhasil membuat gol perdana di Liga 1 Musim 2023/2024 dan di Arema FC. Ia mengaku sangat bahagia sampai menetaskan air mata saat berselebrasi. Ia mengatakan bahwa gol ini khusus ia persembahkan untuk Achmad Maulana.

"Arti gol ini saya sangat terharu dan senang, taoi saya dedikasikan untuk saudara saya Achmad Maulana. Saya merasakan apa yang dia rasakan," jelasnya.

Ia mengatakan pertandingan melawan Bhayangkara FC sangat tidak mudah, pasalnya para pemain sudah kelelahan, tapi para pemain bisa mengikuti instruksi pelatih dengan baik. Khusus bagi Ginanjar, ia memiliki tugas untuk mengembalikan performa setelah absen lama karena mengikuti pendidikan kepolisian.

"Ketika saya kembali dsri pendidikan, yang saya lakukan adalah bagaimana mengembalikan performa di lapangan. Tentunya saya latihan untuk beradaptasi lagi, karena tidak semudah itu untuk mengembalikan performa terbaik," pungkasnya.

Baca Juga: Usai Arema Kalah dari Bali United, Putu Gede Mundur dari Arema FC

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya