Tolak Main Lawan Persebaya, Ini Jalan Panjang Andik Pilih Madura

Karena ia cinta mati pada Persebaya

Surabaya, IDN Times - Para penggemar sepak bola dikejutkan dengan kabar berlabuhnya pemain bintang Andik Vermansyah ke klub Madura United pada Senin (24/12) setelah tak lagi menjajaki Liga Super Malaysia. Andik pun mengungkapkan alasannya memilih Madura United daripada Persebaya yang telah membesarkannya.

1. Memang berniat kembali ke Indonesia

Tolak Main Lawan Persebaya, Ini Jalan Panjang Andik Pilih MaduraPssi.org

Andik telah berada di Malaysia selama 5 tahun. Ia bermain di klub Selangor FA (2013-2018) dan Kedah FA (2018). Setelah kontraknya tak lagi diperpanjang, Andik memang berniat untuk kembali merumput di Indonesia. Padahal ada klub sepak bola Malaysia lain yang meminangnya.

"Saya berniat kembali ke Indonesia, dan berniat main ke Persebaya," ungkap Andik saat kepada wartawan, Jumat (28/12).

Baca Juga: Unik! Ini Ritual Persebaya di Kamar Ganti Sebelum Bertanding

2. Keinginan masuk Persebaya kandas

Tolak Main Lawan Persebaya, Ini Jalan Panjang Andik Pilih MaduraPersebaya.id/Satrio Wicaksono

 

Namun, niat Andik untuk kembali ke kampung halamannya urung. Setelah sebulan santer terdengar kabar kembalinya Andik ke Persebaya, Madura United malah mengumumkan resminya Andik bergabung dengan klub pulau garam tersebut.

"Sebenarnya saya pingin main di Persebaya. Tapi semuanya tidak sesuai. Akhirnya memang saya memilih kalau seandainya saya gagal di Persebaya memang mau ke Madura. Dan dia lebih tertarik kepada saya," jelas Andik.

3. Alasan berlabuh ke Madura United bukan uang

Tolak Main Lawan Persebaya, Ini Jalan Panjang Andik Pilih MaduraMaduraUnitedFC.com

Alasan pasti mengapa Andik tak bergabung ke Persebaya dan malah ke Madura United pun belum ada yang bisa mengungkapkannya. Manajer Madura United melalui laman resminya membantah bahwa uanglah yang membawa Andik masuk ke klub tersebut.

"Karena kalau pilihannya karena uang sudah bisa dipastikan bukan Madura United pilihan Andik. Ada satu klub di Indonesia dan 2 klub di Malaysia memberikan offer yang cukup fantastis kepada Andik," tulis Manajer Madura United, Haruna Soemitro, Selasa (25/12).

4. Memilih Madura United karena kedekatan keluarga

Tolak Main Lawan Persebaya, Ini Jalan Panjang Andik Pilih MaduraLiga-Indonesia.id

 

Daripada menjelaskan pupusnya harapan Andik bergabung kembali ke Persebaya, ia lebih memilih menerangkan alasannya menerima tawaran Madura United di antara klub-klub lainnya. Kedekatan batin, begitu kata Andik. "Karena Madura dekat sama keluarga, juga sebagiannya dari Bonek, Madura juga tim bagus, dan juga banyak (memberikan) dukungan kepadaku," tuturnya.

5. Tak bersedia merumput saat melawan Persebaya

Tolak Main Lawan Persebaya, Ini Jalan Panjang Andik Pilih MaduraPSSI.org

 

Hal unik yang terjadi pada kontrak satu musim selama Liga 1 2019 tersebut adalah pengecualian pertandingan untuk Andik. Ia mengatakan bahwa tak bersedia merumput saat Madura United melawan Persebaya.

"Bukan menolak (bermain), cuma kita ada perjanjian, dikasih lampu hijau juga. Karena saya susah sekali," ujarnya.

6. Kecintaan pada Persebaya menjadi alasan

Tolak Main Lawan Persebaya, Ini Jalan Panjang Andik Pilih MaduraLiga-Indonesia.id

 

Batal bergabung dengan Persebaya, setidaknya ia tidak melawan atau pun mengalahkan tim Bajul Ijo tersebut. Andik menjadikan kedekatan psikologi kepada Bonek (penggemar Persebaya) sebagai alasannya.

"Saya adalah sebagian dari Bonek. Saya gak bisa kalau seandainya saya main di lapangan, terus habis gitu saya pakai jersey lain di stadion banyak Bonek itu gimana, karena saya sangat cinta mati dengan persebaya. Jujur saya, saya juga sebagian dari Bonek dari dulu," tutup Andik lirih.

Baca Juga: PSMS Jatuh ke Liga 2, Persebaya Incar Frets Butuan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya