Pengin Telurkan Legenda Sepak Bola Lagi, Pemkot Surabaya Bikin ASB

Semoga sepak bola Surabaya bisa kembali berjaya!

Surabaya, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya akan meresmikan Akademi Sepak Bola (ASB) sebagai Pusat Latihan Cabang (Puslatcab) Olahraga Sepak Bola. Pembukaan ASB tersebut sebagai upaya kembali menghasilkan potensi-potensi pesepak bola dari Kota Pahlawan tersebut.

1. Sudah jarang ada pemain sepak bola berbakat dari Surabaya

Pengin Telurkan Legenda Sepak Bola Lagi, Pemkot Surabaya Bikin ASBStadion Gelora 10 November. Dok. IDN Times/bt

Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Dispora Surabaya, Edi Santoso menjelaskan,Kota Surabaya banyak menghasilkan legenda pesepak bola. Namun kini, pesepak bola yang berprestasi sudah jarang ditemui di Surabaya. Atas keprihatinan tersebut, Pemkot berencana mendirikan (ASB)

"Gagasan itu sudah lama ketika bertemu mantan-mantan pemain. Kenapa? Karena legenda sepak bola semakin tahun semakin habis. Karena mulai tahun 2012 sampai sekarang nyaris tidak ada kompetisi seperti dulu lagi sehingga Dispora punya keinginan," ujar Edi, Minggu (21/3/2021).

Baca Juga: Bukan GBT dan G10N, Pemkot Minta Persebaya Latihan di Lapangan Lainnya

2. Akan bekerja sama dengan Unesa dan mantan pemain Persebaya

Pengin Telurkan Legenda Sepak Bola Lagi, Pemkot Surabaya Bikin ASBLaga amal Unesa bersama legenda Persebaya, Sabtu (6/3/2021). Dok. Unesa

Melalui ASB, seluruh latihan para calon atlet sepak bola yang dibina akan dilakukan dengan maksimal. Pemkot juga menggandeng Universitas Negeri Surabaya (Unesa) beserta mantan pemain asal klub di Surabaya sebagai pelatih agar bisa memberikan ilmu dan semangat kepada para siswa ASB itu.

"Kita akan coba kerja sama dengan Unesa. Unesa sudah akan membuka kursus olahraga sepak bola, nanti kita akan match-kan ke sana. Artinya nanti ketika pendidikan di akademi jalan, maka pendidikannya akan kita bawa ke sana. Jadi keduanya harus seiring antara prestasi dan akademik," ungkapnya.

3. ASB dipusatkan di Gelora 10 November

Pengin Telurkan Legenda Sepak Bola Lagi, Pemkot Surabaya Bikin ASBKadispora Surabaya Afghani Wardhana (kiri) bersama seorang petugas melihat kerusakan pascapembakaran Gelora Bung Tomo, Rabu (30/10). IDN Times/Fitria Madia

Kepala Dispora Kota Surabaya, Afghani Wardhana mengatakan, pelatihan ASB rencananya bakal dipusatkan di Gelora 10 November (G10N), Tambaksari Surabaya. Namun, pelaksanannya baru dapat berjalan dalam 6 bulan kedepan lantaran lapangan tersebut masih dalam pengawas kontraktor pelaksana.

"Sehingga Puslatcab baru dapat kita laksanakan setelah 6 bulan ke depan," tuturnya.

4. Mantan pemain Persebaya menyambut positif rencana ASB

Pengin Telurkan Legenda Sepak Bola Lagi, Pemkot Surabaya Bikin ASBLiga-Indonesia.id

Wacana pendirian ASB mendapat respon positif dari beberapa mantan pemain sepak bola yang pernah membela klub Persebaya. Seperti Yusuf Ekodono, Anang Ma'ruf hingga Jacksen F Tiago.

"Harapan saya nanti mari semua masyarakat Surabaya mendukung pemkot untuk menciptakan pemain-pemain yang berkualitas. Untuk Persebaya khususnya, dan nantinya juga untuk Tim Nasional," sebut Yusuf Ekodono yang juga mantan pemain Timnas.

Senada disampaikan Anang Ma'ruf. Ia berharap adanya regenerasi pemain sepak bola dengan kualitas tinggi dari Kota Surabaya.

"Adanya program akademi sepak bola ini saya apresiasi sekali. Mungkin adanya pelatihan ini saya harapkan akan muncul kembali talenta-talenta muda. Saya dan Yusuf Ekodono sangat menginginkan bagaimana Surabaya seperti dulu lagi. Terutama Persebaya yang melahirkan talenta-talenta seperti dulu lagi," kata Anang.

Baca Juga: Bukan GBT dan G10N, Pemkot Minta Persebaya Latihan di Lapangan Lainnya

https://www.youtube.com/embed/n5ImT_lCHtM

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya