Comscore Tracker

Raffi akan Datangkan Ozil ke RANS, Begini Penilaian Pakar

Jika gagal, masih ada bintang lain

Surabaya, IDN Times - Raffi Ahmad berencana memboyong Mesut Ozil ke RANS Cilegon FC. Rumor ini pun mendapatkan berbagai tanggapan. Ada yang pro dan kontra. Dosen Komunikasi Bisnis Universitas Airlangga (Unair), Dina Septiani menilai rencana Raffi sangat positif.

1. Ozil dapat naikkan citra RANS FC

Raffi akan Datangkan Ozil ke RANS, Begini Penilaian PakarTHR pegawai RANS Entertainment (youtube.com/Rans Entertainment)

Dina mengatakan, jika pemain Fenerbache itu merapat ke RANS Cilegon FC, maka dipastikan popularitas dan value klub sepak bola besutan Raffi akan melejit. Bahkan, hal ini akan berdampak ke sepak bola nasional. “Potensi pasar olahraga di Indonesia ini sebenarnya tergolong tinggi," ujarnya, Minggu (16/1/2022).

"Kedatangan Mesut Ozil, pemain dengan market value yang besar tentu akan berpotensi meningkatkan revenue RANS Cilegon,” dosen lulusan The Hague University Belanda ini menambahkan.

Baca Juga: Rumor Mesut Ozil Merapat ke RANS Cilegon FC, Ini 10 Tanggapan Warganet

2. Markas klub juga akan mendapat dampak positif

Raffi akan Datangkan Ozil ke RANS, Begini Penilaian PakarDosen Komunikasi Bisnis Universitas Airlangga (Unair), Dina Septiani. Dok. Humas Unair.

Dalam bidang sport marketing, lanjut Dina, kehadiran sosok pemain yang berprestasi dapat berdampak pada citra dan nilai klub, tim, hingga markas klub berada. Dia mencontohkan pada kuatnya sport marketing di Eropa yang mampu menaikkan pamor markas-markas klub sepak bola.

"Seperti Stadion Santiago Bernabéu di Spanyol atau Stadion Old Trafford di Inggris," kata dia.

3. Jika gagal, Raffi diyakini datangkan pemain bintang lainnya

Raffi akan Datangkan Ozil ke RANS, Begini Penilaian Pakarinstagram.com/raffinagita1717

Jika Raffi gagal mendatangkan Ozil, Dina meyakini Raffi akan mencari pemain lain yang setidaknya memiliki market value yang setara dengan mantan pemain timnas Jerman itu. “Jika nggak bisa Ozil, dia mungkin akan mencari high profile athlete, dalam artian pemain sepakbola lain yang setidaknya sama terkenalnya," ucapnya.

"Karena salah satu tujuan sounding ini tidak hanya untuk menaikkan performa tim, tapi juga upaya menaikkan daya pikat RANS Cilegon di industri sepakbola Indonesia,” tutupnya.

Baca Juga: Mesut Ozil Sepakat ke RANS Cilegon FC Musim Depan?

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya