Final Piala Presiden, Persebaya Tertahan di GBT

Leg kedua akan berat bagi Persebaya

Surabaya, IDN Times - Pertandingan leg 1 Piala Presiden 2019, Persebaya Surabaya Vs Arema FC berakhir imbang. Bermain di hadapan 50 ribu pendukung Persebaya, Bonek Mania, rupanya tak membuat Singo Edan Gentar. Mereka tampil lepas dan menunjukkan perlawanan.

Sebagai tuan rumah, Persebaya langsung menekan tim tamu, Arema FC. Anak asuh Djadjang Nurdjaman (Djanur) pun unggul cepat. Penyerang Persebaya, Irfan Jaya menyarangkan 1 gol ke gawang Kartika Aji melalui tembakan kaki kirinya pada menit ke-7.

Gol ini tercipta dari kerjasama yang rapi. Bek Persebaya, Otavia mengirim umpan lambung dari tengah lapangan ke kotak penalti lawan. Umpan itu dikontrol sempurna oleh Irfan Jaya.

Gocekannya sedikit mengecoh bek Arema dan ia melepaskan tendangan menggantung yang akhirnya masuk ke gawang. Skor 1-0 untuk Persebaya.

Tak mau terus diserang, anak asuh Milomir Selsija bangkit menekan. Tendangan sudut gelandang serang Arema, Konate Makan disambut dan dieksekusi oleh bek Arema, Arthur Cunha. Sayangnya tendangannya masih bisa ditepis oleh penjaga gawang Persebaya, Miswar Saputra.

Petaka pun menghampiri The Green Force. Gelandang bertahan, M. Hidayat harus ditarik oleh Djanur karena mengalami cedera. Ia digantikan oleh Fandi Eko Utomo.

Tak lama setelah pemain bernomor punggung 27 ini masuk, ia melakukan blunder. Bola yang diumpankan kepadanya direbut oleh gelandang Arema, Hendro Siswanto.

Pemain bernomor punggung 12 ini melakukan penetrasi ke kotak penalti Persebaya. Mantan pemain Persela ini pun melepaskan tendangan keras dengan kaki kanannya dan masuk ke gawang. Skor menjadi imbang, 1-1 hingga peluit babak pertama berbunyi.

Babak kedua, Bajul Ijo dan Singo Edan bermain monoton. Tempo pertandingan sedikit lambat. Meski begitu, Arema FC sebagai tim tamu rupanya lebih mendominasi lini tengah. Duet Hanif Sjahbandi, Konate Makan dan Hendro Siswanto mampu mematahkan serangan Persebaya.

Namun, anak asuh Djanur mengubah serangan lewat sayapnya. Mengandalkan kecepatan sayap serang, Irfan Jaya mereka terus menyerang. Alhasil, penyerang Persebaya, Amido Balde yang melakukan penetrasi ke kotak penalti dijatuhkan bek Arema, Hamka Hamzah.

Ditunjuk sebagai eksekutor, gelandang serang Persebaya, Damian Lizio menuntaskan tugasnya dengan baik. Bola meluncur deras di sudut kanan gawang Kartika Aji pada menit 73. Persebaya pun unggul 2-1.

Gol itu pun direspons anak asuh Milo sapaan akrab pelatih Arema FC. Mereka tampil menyerang. Sejumlah pergantian dilakukan dengan memasukkan Jayus menggantikan Hanif Sjahbandi.

Tim asal Malang ini pun mendapat peluang melalui tendangan bebas. Gelandang serang Arema, Konate Makan mengambil sempurna kesempatan ini. Bola yang ditendangnya dari sudut kiri meluncur masuk ke gawang Miswar pada menit 78. Kedudukan imbang 2-2.

Hingga peluit akhir dari wasit, Oky Dwi Putra, hasil tetap imbang. Persebaya akan melakoni leg 2 di kandang Arema, Stadion Kanjuruhan Malang, Jumat (12/4).

 

Baca Juga: Persebaya vs Arema Final, Sekeluarga Rela Bolos untuk ke Stadion

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya