PGJ 2020: Persebaya Vs Arema FC, Panpel Kerahkan 800 Personel Keamanan

Semoga tetap aman

Blitar, IDN Times - Tensi panas jelang super big match semifinal Piala Gubernur Jatim (PGJ) 2020 antara Persebaya Surabaya melawan Arema FC sangat terasa. Meskipun digelar tanpa penonton, namun suporter kedua kesebelasan tetap berangkat. Maka dari itu, panitia pelaksana (panpel) memberikan pengamanan maksimal untuk laga yang digelar di Stadion Soeprijadi, Kota Blitar, Selasa sore(18/2). Mereka akan menerjunkan 800 personel keamanan.

1. Pengamanan terbagi dalam tiga ring

PGJ 2020: Persebaya Vs Arema FC, Panpel Kerahkan 800 Personel KeamananArea ring 1 Stadion Soeprijadi dijaga ketat tim keamanan. IDN Times/ Alfi Ramadana

Pengamanan maksimal tidak hanya diterapkan di sekitar stadion, tetapi juga menyeluruh di beberapa titik Kota Blitar. Terutama untuk pintu masuk menuju Kota Blitar. Pada setiap titik tersebut ditempatkan tim keamanan gabungan dari unsur TNI, Polri, dan Satpol PP untuk mencegah datangnya kelompok suporter ke Blitar, baik Aremania maupun Bonek. 

"Pengamanan kami bagi ke dalam tiga ring. Ring terluar adalah di area perbatasan masuk Kota Blitar," beber Ketua Panpel Murjoko, Selasa (18/2).

2. Sudah ada suporter yang datang

PGJ 2020: Persebaya Vs Arema FC, Panpel Kerahkan 800 Personel KeamananKetua panpel laga Arema FC kontra Persebaya, Murjoko. IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, Murjoko mengonfirmasi bahwa memang ada sejumlah suporter yang sudah masuk ke Kota Blitar. Untuk sementara, mereka yang sudah masuk ke Kota Blitar dikumpulkan di kawasan alun-alun. Mereka diberikan pengarahan agar tak mendekati area stadion. Sebab, instruksi dari Asprov Jatim, laga digelar tanpa penonton. 

"Kami berupaya agar para penonton tidak mendekati ring 1. Makanya mereka yang datang menggunakan kereta dikumpulkan di alun-alun. Jumlahnya belum tahu pasti. Tapi sepertinya sudah lebih dari seribu orang," tambahnya. 

Baca Juga: Semifinal Piala Gubernur: Persebaya Vs Arema di Blitar Tanpa Penonton

3. Pisahkan jarak titik kumpul dua kelompok suporter

PGJ 2020: Persebaya Vs Arema FC, Panpel Kerahkan 800 Personel KeamananAremania saat sedang mendukung Arema FC. IDN Times/Alfi Ramadana

Murjoko melanjutkan, untuk menghindari adanya gesekan, maka pihak keamanan membuat skenario berbeda untuk pencegahan. Untuk dua kelompok yang sudah terlanjur masuk ke Kota Blitar akan dipisahkan sendiri. Untuk Aremania akan diarahkan ke Timur. Sedangkan untuk Bonek akan diarahkan ke Barat. 

"Kami pisahkan agar tidak terjadi gesekan antar suporter. Kami mengupayakan agar mereka tidak sampai masuk ring 1," tandasnya.

Baca Juga: Preview Persebaya Vs Arema FC: Laga Pemanasan yang Tetap Panas

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya