Comscore Tracker

Eduardo Almeida Ternyata Sudah Lama Diincar Arema FC

Meski bawa Semen Padang degradasi, manajemen tetap kepincut

Malang, IDN Times - Arema FC tinggal menunggu waktu untuk mengikat secara resmi Eduardo Almeida sebagai pelatih baru. Secara prinsip, pria asal Portugal itu sudah sepakat bergabung dengan tim Singo Edan. Rencananya, eks pelatih Semen Padang itu bakal tiba di Indonesia pada 10 Mei. Manajemen meminta Eduardo Almeida datang lebih cepat agar bisa memimpin latihan perdana Arema FC pasca lebaran. Pasalnya, saat tiba di Indonesia ia harus menjalani isolasi terlebih dahulu. 

Menariknya nama Eduardo Almeida sebenarnya sudah sempat masuk bursa pelatih Arema FC pada musim 2020 lalu. Tetapi saat itu manajemen lebih memilih Roberto Carlos Mario Gomes sebagai pelatih.

1. Meski tak mampu selamatkan Arema FC dari degradasi, manajemen tetap puji Almeida

Eduardo Almeida Ternyata Sudah Lama Diincar Arema FCDedik Setiawan saat membela Arema FC musim lalu. IDN Times/ Alfi Ramadana

General Manager Arema FC, Rudy Widodo juga tak menampik bahwa Eduardo Almeida memang incaran lama. Ia menilai secara kualitas, pria asal Portugal itu dinilai cukup mumpuni dan layak menjadi pelatih Arema FC. Indikatornya adalah saat melatih Semen Padang, Almeida mampu mengubah tim Kabau Sirah menjadi cukup tangguh meskipun gagal menyelamatkan mereka dari degradasi. 

"Mungkin saat itu kalau dia diberi kesempatan lebih lama, bisa jadi hasilnya akan berbeda. Potensi itu yang kami lihat dari sosok Almeida saat memutuskan memilih dia sebagai pelatih," urainya Kamis (6/5/2021). 

2. Sudah lakukan survei ke sejumlah mantan anak asuh Almeida

Eduardo Almeida Ternyata Sudah Lama Diincar Arema FCGeneral Manager Arema FC, Ruddy Widodo berharap KLB PSSI bisa menghadirkan pengurus federasi yang lebih baik dari sebelumnya. IDN Times/ Alfi Ramadana

Lebih jauh, Ruddy Widodo menjelaskan bahwa ketertarikan kembali muncul saat Arema FC gagal mendapatkan Alvredo Vera. Kemudian manajemen Arema FC kembali mencoba mengumpulkan informasi terkait sang pelatih dari sejumlah pemain yang pernah menjadi anak asuhnya. Sebagian besar memang memberikan kesan positif kepada sosok Eduardo Almeida. Hal itu kemudian semakin meyakinkan manajemen untuk mengontrak pelatih 43 tahun itu. 

"Kami juga berdiskusi dengan direksi dan asisten pelatih. Jadi kami putuskan menunjuk Almeida sebagai pelatih," tambahnya. 

3. Secara lisensi juga memenuhi syarat

Eduardo Almeida Ternyata Sudah Lama Diincar Arema FCGeneral Manager Arema FC Ruddy Widodo. IDN Times/ Alfi Ramadana

Hal lain yang membuat Arema FC semakin yakin menggunakan jasa Almeida adalah dari sisi lisensi. Sebagaimana syarat yang ditetapkan federasi, pelatih kepala bagi klub di Liga 1 adalah harus memiliki lisensi AFC Pro atau yang setara. Eduardo sendiri saat ini memiliki lisensi UEFA Pro.

"Dari sisi gaya main juga kami merasa cocok. Karena yang bersangkutan juga punya gaya main menarik sesuai yang kami harapkan," sambungnya. 

Baca Juga: Larangan Mudik, Arema FC Pulangkan Pemain Cepat   

4. Ada peluang pelatih baru bawa pemain asing

Eduardo Almeida Ternyata Sudah Lama Diincar Arema FCTwitter/@liga1match

Terlepas dari itu, Ruddy tak menutup kemungkinan bahwa pelatih baru membawa pemain asing. Namun sebelum itu, manajemen menginginkan ada diskusi terlebih dahulu agar pemain yang datang benar-benar sesuai kebutuhan tim. Sejauh ini, manajemen memang masih belum berbicara secara teknis kepada Almedia terkait masalah pemain asing. Mereka masih menunggu visa dari sang pelatih keluar.

"Kami tentu tidak akan melepas begitu saja untuk urusan pemain asing. Tetapi kalau memang pelatih memiliki pandangan terkait pemain asing yang berkualitas dan cocok tentu manajemen tidak akan menutup mata," tandasnya. 

Baca Juga: Terjawab Sudah, Arema FC Tunjuk Eduardo Almeida Sebagai Pelatih Baru 

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya