Comscore Tracker

Bakal Main di AFC Cup, PSM Tetap Ngebet Lolos 8 Besar

PSM Makassar siap jalani jadwal padat  

Malang, IDN Times - PSM Makassar dihadapkan pada pilihan sulit jelang laga kontra Persik Kediri di Stadion Kanjuruhan, Minggu (19/6/2022). Secara hitung-hitungan, PSM Makassar memang masih berpeluang lolos ke babak 8 besar Piala Presiden 2022 jika mampu menumbangkan tim Macam Putih. Tetapi tim Juku Eja juga harus membagi konsentrasi dengan gelaran penyisihan grup AFC Cup. PSM Makassar bakal menjalani laga perdana penyisihan grup pada 24 Juni mendatang menghadapi Kuala Lumpur FA. 

1. Tetap ingin lolos

Bakal Main di AFC Cup, PSM Tetap Ngebet Lolos 8 BesarPelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares jelang laga kontra Persik Kediri. IDN Times/Alfi Ramadana

Meski dihadapkan pada pilihan sulit, pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares mengakui bahwa dirinya tetap ingin PSM Makassar lolos ke babak 8 besar Piala Presiden. Memang untuk mewujudkan hal tersebut mereka perlu melakukan sedikit perubahan strategi. Terlebih untuk menjaga agar para pemain kunci tidak sampai mengalami cedera saat menghadapi Persik Kediri. Karena empat hari berselang mereka harus bertarung di AFC Cup.

"Akan lebih bagus kalau kami bisa lolos ke 8 besar Piala Presiden 2022. Memang jika lolos kami harus membagi konsentrasi untuk dua turnamen. Tetapi ini akan menjadi hal yang menarik," urainya Sabtu (19/6/2022). 

Baca Juga: PSM Makassar Gaet Kiper Muda Harlan Suardi

2. Buka opsi rotasi

Bakal Main di AFC Cup, PSM Tetap Ngebet Lolos 8 BesarKapten PSM Makassar, Zulkifli Syukur berebut bola dengan winger Persija, Riko Simanjuntak di Stadion Kanjuruhan. Instagram/psm_makassar

Dengan jadwal yang hampir bersamaan, bukan tidak mungkin PSM Makassar bakal bermasalah dengan kebugaran. Hal tersebut juga sangat disadari oleh Tavares. Untuk itu, dirinya tak menutup kemungkinan bakal melakukan sejumlah perubahan dalam komposisi pemain saat lawan Persik Kediri. Terlebih dengan jadwal padat yang dihadapi, sangat riskan jika hanya mengandalkan satu atau dua pemain saja.

"Mungkin ada beberapa yang kami pertahankan, tetapi juga ada yang diubah. Karena para pemain juga mengalami kelemahan setelah dua laga. Tetapi saya akan mencari solusi untuk mengatasi masalah ini," imbuhnya.

3. Fokus kalahkan Persik terlebih dahulu

Bakal Main di AFC Cup, PSM Tetap Ngebet Lolos 8 BesarGelandang PSM Makassar, Rasyid Bakri berusaha melewati dua pemain Persija Jakarta. Instagram/psm_makassar

Meski bakal menghadapi dilema, Tavares mengakui bahwa saat ini dirinya fokus menyiapkan tim untuk laga kontra Persik Kediri. Ia menyadari bahwa laga ini tak akan mudah. Pasalnya Persik memiliki skuad yang sangat lengkap. Meski kalah atas Arema FC, tetapi secara permainan Persik Kediri tetap menjadi ancaman tersendiri.

"Kami tahu mereka adalah tim bagus. Pemain asing yang mereka miliki juga punya kualitas. Tentu ini jadi laga yang berat karena mereka juga punya peluang lolos," sambungnya. 

4. Pemain lokal Persik lebih berkualitas

Bakal Main di AFC Cup, PSM Tetap Ngebet Lolos 8 BesarBek Arema FC, Sergio Silva terus memberikan pengawalan kepada pemain Persik Kediri. Instagram/aremafcofficial

Sementara itu, gelandang Persik Kediri, Rasyid Bakri menyebut bahwa meski ditinggalkan beberapa pemainnya, tim Macam Putih tetap memiliki skuad berkualitas. Bahkan ia menyebut saat ini komposisi pemain lokal Persik Kediri lebih berkualitas ketimbang sebelumnya.

"Kami harus menunjukkan diri bahwa bisa bermain bagus dan lolos ke babak berikutnya," pungkasnya. 

Baca Juga: Siapkan Kocek, Ini Harga Tiket Laga PSM di AFC Cup

Alfi Ramadana Photo Community Writer Alfi Ramadana

Menulis adalah cara untuk mengekspresikan pemikiran

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya