Alasan Striker Baru Arema FC Dimainkan Hanya 45 Menit

Alvarez belum beradaptasi sepenuhnya

Malang, IDN Times - Arema FC harus takluk dari tuan rumah Bali United dengan skor 3-2 di Stadion Kapten I Wayan Dipta Gianyar, Bali pada Senin (4/12/2023) sore. Hasil ini membuat Singo Edan kian tertinggal dalam misi lepas dari zona degradasi.

Ada satu lagi yang menjadi pertanyaan dalam laga tersebut, alasan Pelatih Arema FC tidak segera memainkan striker barunya, Gilbert Alvarez. Pemain asal Bolivia ini dimainkan pada menit 46 untuk menggantikan Samuel Balinsa.

1. Fernando Valente memberikan alasan kenapa Gilbert Alvarez baru dimainkan pada babak kedua

Alasan Striker Baru Arema FC Dimainkan Hanya 45 MenitDua pemain baru Arema FC saat sesi latihan, Gilbert Alvarez (rompi kuning) dan Julian Guevara. (Dok. Media Officer Arema FC)

Pelatih Arema FC, Fernando Valente mempercayakan lini depan pada Dedik Setiawan dan Muhammad Rafli sebagai starting line up. Sementara Gilbert Alvarez diparkir dan baru masuk pada babak kedua. Ia mengatakan jika Alvarez masih membutuhkan adaptasi dengan tim.

"Kenapa Alvarez baru masuk pada menit 45, karena dia cuma latihan 2-3 hari, sekali lagi dia sudah latihan dan punya waktu lebih mungkin di pertandingan berikutnya bisa jadi pilihan utama. Jadi jika kita butuh dia, tapi kita harus menjaga supaya tidak sampai kita kehilangan dia karena cidera," terangnya saat dikonfirmasi pada Selasa (5/12/2023).

Fernando mengatakan ingin menunggu Alvarez benar-benar fit untuk dimasukkan sebagai starting line up. Oleh karena itu, ia membutuhkan adaptasi dengan tim baru, lingkungan baru, dan makanan di negara baru.

Baca Juga: Dibekuk Bali United, Fernando: Kartu Merah yang Sangat Bodoh

2. Gilbert Alvarez akan dimainkan full pada pertandingan selanjutnya

Alasan Striker Baru Arema FC Dimainkan Hanya 45 MenitPelatih Arema FC, Fernando Valente (putih) dan Asisten Pelatih Arema FC, FX Yanuar. (Dok. Media Officer Arema FC)

Meskipun tidak memberikan jaminan pasti, tapi Fernando mengatakan kemungkinan Alvarez akan bermain penuh saat Arema FC menjamu Persis Solo pada Sabtu (9/12/2023). Saat pertandingan tersebut ia yakin Alvarez ataupun Julian Guevara sudah bisa menyatu dengan pemain lainnya.

"Jadi pemain ini kita mau coba sedikit demi sedikit untuk bisa lebih konsisten. Kita sudah kedatangan pemain baru jadi harus mencoba untuk bisa lebih konsisten," ujarnya.

Fernando yakin kedatangan Alvarez dan Julian Guevara akan memberikan pengalaman di dalam tim. Keduanya adalah pemain senior yang akan membimbing tim ini menjadi lebih baik.

3. Fernando Valente minta Alvarez menjadi predator mematikan di kotak penalti lawan

Alasan Striker Baru Arema FC Dimainkan Hanya 45 MenitStriker Arema FC, Gilbert Alvarez. (Dok. Media Officer Arema FC)

Selama 45 menit bermain di babak kedua saat menghadapi Persik Kediri, Fernando memberi analisa permainan anak-anak asuhannya. Ia merasa anak asuhnya bisa menguasai bola tapi hagal mengkonversikan gol saat berada di kotak penalti lawan.

"Tidak mudah bagi tim untuk bisa sampai ke kotak penalti lawan. Bukan saja untuk Alvarez tapi buat semuanya harus bisa berkembang lebih baik lagi," tandasnya.

Tapi ia mengatakan bahwa melihat sebuah pertandingan pada saat kalah bukan berarti semuanya menjadi salah. Begitu juga pada saat menang belum tentu semuanya jadi benar. Memerlukan analisa yang lebih mendalam pada pertandingan tersebut.

Baca Juga: Striker Baru Arema FC Jadi Tumpuan Hadapi Bali United

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya