Antisipasi Virus Corona, 35 Atlet Jatim Dipulangkan dari Tiongkok

Pemulangan atas instruksi gubernur

Surabaya, IDN Times - Sebanyak 35 atlet Jawa Timur (Jatim) yang menjalani pemusatan latihan di Tiongkok dipulangkan. Pihak Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jatim khawatir adanya wabah virus corona yang terus meluas.

1. Pemulangan atas instruksi gubernur

Antisipasi Virus Corona, 35 Atlet Jatim Dipulangkan dari TiongkokKetua KONI Jatim, Erlangga Satriagung saat di kantornya, Kamis (14/11). IDN Times/Ardiansyah Fajar

Para atlet yang menjalani pemusatan latihan di Tiongkok terdiri dari cabang olahraga (cabor) selam, wushu, loncat indah dan senam. Mereka disiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua.

"Ya ini Bu Gubernur perintahkan untuk menarik semua, dan alhamdulillah tadi pagi sudah ada yang landing," ujarnya Ketua KONI Jatim, Erlangga Satriagung Kamis (30/1).

2. Baru 22 atlet yang pulang

Antisipasi Virus Corona, 35 Atlet Jatim Dipulangkan dari TiongkokIlustrasi virus Corona. (IDN Times/Mia Amalia)

Meski begitu, dari 35 atlet yang ada di Tiongkok baru 22 orang saja yang bisa dipulangkan. Erlangga memastikan sisa atlet yang masih di negeri tirai bambu segera tiba di Jatim.

"Masih ada beberapa yang masih berada di China sedang proses pemulangan," katanya.

Dari 22 atlet yang telah tiba di Surabaya, Erlangga menyatakan kondisi semua atletnya dalam keadaan baik. Hal tersebut berdasar pantauan screening yang dilakukan di tempat pemusatan latihan maupun di bandara.

"Kita juga meminta ke atlet untuk menaati semua prosedur dari rumah sakit. Kalau mereka disuruh karantina beberapa hari ya harus diikuti biar dipastikan tidak ada hal yang tidak diinginkan," jelasnya.

Baca Juga: Corona Meluas, Risma Beri Perhatian Khusus pada Pasar Unggas

3. Pemulangan antisipasi virus corona

Antisipasi Virus Corona, 35 Atlet Jatim Dipulangkan dari TiongkokIlustrasi virus Corona (IDN Times/Mia Amalia)

Terkait alasan pemulangan, lanjut Erlangga, pihaknya tidak ingin ada atlet maupun pelatih yang terjangkit virus corona. Sebab saat ini virus tersebut cukup berbahaya terutama di Kota Wuhan, Tiongkok.

"Jadi langkah cepat agar para atlet tidak terkepung di China karena kebijakan untuk menutup akses keluar masuk warga, maka dari itu kami sedang berusaha memulangkan," katanya

Saat disinggung terkait cabor-cabor lain yang telah memilih dan berencana menggelar pemusatan latihan di Tiongkok Erlangga mengatakan, akan memanggil cabor tersebut agar bisa memilih negara lain.

"Opsinya ya kita coba cari tempat lain, karena kondisi China tidak memungkinkan. Kalau mendatangkan pelatih dari China juga tidak mungkin karena bisa jadi sumber nanti di sini," pungkasnya.

Baca Juga: Buruh Migran yang Dirawat di Sidoarjo Negatif Virus Corona

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya