Comscore Tracker

Cancare, Aplikasi Deteksi Kanker Karya 5 Mahasiswa Undika

Kek gimana tuh?

Surabaya, IDN Times - Lima mahasiswa Universitas Dinamika (Undika) yang tergabung dalam Team Cancare membuat aplikasi deteksi kanker otak dan darah bernama Cancare. Temuan aplikasi ini pun membuat kelimanya yakin membentuk start-up dengan dibina Undika pada program Tech.Inc Dinamika.

Nah, lima mahasiswa di Team Cancare juga telah membagi tugas dan jabatan masing-masing. Tsani Chico Bragi (CEO), Nazila Masyrifaini (COO), Faris Rizqilail (CTO) dari Prodi S1 Sistem Informasi, Achmad Alfredo Armanto (CFO) Prodi S1 Manajemen, dan Rr. Tanaya Hayyu Viona Daisy Purbowati (COO) Prodi Desain Komunikasi Visual.

Baca Juga: Lama Tidak Terlihat, Kak Seto Mengaku Didiagnosa Kanker Prostat

1. Bermula dari kegelisahan beberapa pengidap kanker terkendala biaya

Cancare, Aplikasi Deteksi Kanker Karya 5 Mahasiswa UndikaTeam Cancare Undika ketika mengerjakan aplikasi deteksi kanker. Dok. Humas Undika

Tsani Chico mengatakan, terobosan ini bermula dari observasi yang dilakukannya bersama tim. Menurutnya, rerata pengidap kanker sudah tahu sejak lama bahwa mereka terjangkit penyakit itu. Namun terkendala biaya untuk memeriksakan diri ke dokter. Nah, penyintas kanker biasanya harus pergi ke dokter dan melakukan scan serta segala macam hal lain.

“Lalu saya diskusi dengan teman-teman apa bisa atau nggak mendiagnosa dini pada seseorang terkena penyakit kanker melalui aplikasi," ujarnya, Kamis (18/2/2021).

2. Ada proses screening lewat pertanyaan untuk deteksi dini kanker

Cancare, Aplikasi Deteksi Kanker Karya 5 Mahasiswa UndikaIDN Times/Sukma Mardya Shakti

Kemudian tercetuslah ide untuk membuat aplikasi deteksi kanker. Saat registrasi, pengguna akan diberikan pertanyaan dan akan dikalkulasikan dengan menggunakan sistem pakar agar mengetahui persentase dirinya mengidap kanker.

Hal tersebut agar pengguna lebih tahu lebih dini saat mengidap kanker. Meskipun baru mulai dibentuk, Cancare sedang mempersiapkan untuk mengikuti beberapa agenda mendatang. "Langkah selanjutnya dari tim saya ini untuk ikut event-event seperti ASMI yang diadakan oleh DIKTI," katanya.

3. Siap ikuti lomba dan bisa bermanfaat bagi masyarakat luas

Cancare, Aplikasi Deteksi Kanker Karya 5 Mahasiswa UndikaTeam Cancare saat persentasi aplikasi deteksi kanker di Undika Surabaya. Dok. Humas Undika

Tim ini juga, lanjut Chico, menyiapkan strategi agar bisa mengikuti KEDAIREKA yang diselenggarakan pada pertengahan tahun nanti. Dia berharap Cancare  bisa bermanfaat dan membantu masyarakat menengah ke bawah supaga tidak mengeluarkan banyak biaya untuk ke dokter dalam mengdiagnosa dini kanker,

“Selain itu juga bisa membawa nama baik Undika dalam mengikuti lomba-lomba yang dibuat oleh DIKTI,” pungkasnya.

Baca Juga: Cara Mencegah Kanker Serviks, Kanker Berbahaya Kedua di Indonesia

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya