Soekarwo Bebaskan Relawannya Dukung Jokowi

Dukungan Jokowi-Ma'ruf semakin kuat nih di Jawa Timur

Surabaya, IDN Times - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, angkat bicara soal Relawan Pakde Karwo yang pada Minggu (7/10) kemarin telah mendeklarasikan dukungan politiknya. Bertempat di Rumah Kita di Jalan Jawa, relawan sekaligus sahabat dari Soekarwo itu menyatakan sikap untuk mendukung pasangan calon nomor satu Joko "Jokowi" Widodo dan Ma'ruf Amin. 

Sejak awal, Soekarwo memang berbeda sikap dengan Dewan Pengurus Pusat Partai Demokrat. Jika partai milik Susilo Bambang Yudhoyono mengarahkan dukungannya kepada pasangan Prabowo-Sandiaga Uno, Soekarwo sejak awal justru mendukung Jokowi. Bahkan, oleh DPD Demokrat Jatim, nama Soekarwo sempat dimunculkan untuk mendampingi Jokowi.

1. Soekarwo tidak ambil pusing

Soekarwo Bebaskan Relawannya Dukung JokowiHumas Polda Jatim

Gubernur kelahiran Madiun itu tidak ambil pusing soal arah politok Relawan Pakde Karwo. Menurutnya, itu adalah hak mereka dalam berdemokrasi. "Ya itu hak teman-teman saya, kan boleh saja. Saya kan gak di dalam struktur itu," kata Soekarwo di Kantor Gubernur, Jalan Pahlawan, Surabaya, Senin (8/10). 

Baca Juga: Arek Millennials Suroboyo Dukung Jokowi, Ini Komentar Machfud Arifin

2. Memberikan kebebasan dalam berdemokrasi

Soekarwo Bebaskan Relawannya Dukung JokowiIDN Times/Istimewa

Bagi pria yang karib disapa Pakde Karwo itu, dukungan dalam politik adalah bagian dari aspirasi masyarakat yang dijamin dalam sistem demokrasi. "Iyalah (memberikan kebebasan demokrasi). Bagaimana dia teman-teman saya memberikan dukungan terus itu bagian aspirasinya ya silahkan," tambahnya. 

3. Dukungan Relawan Pakde Karwo adalah suplemen bagi Jokowi-Ma'ruf

Soekarwo Bebaskan Relawannya Dukung JokowiIDN Times/ Ardiansyah Fajar

Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur, Machfud Arifin, menanggapi dukungan tersebut sebagai suplemen bagi pasangan petahana. Oleh sebab itu, Machfud percaya Jokowi-Ma'ruf akan raih suara 70 persen pada pesta demokrasi nanti. 

"Ini adalah suatu suplemen buat kami selaku TKD Jatim. Target saya bilang kalau cita-cita tinggi. Praktiknya dapat 70 (persen) ya Alhamdulillah," ujar mantan Kapolda Jatim itu pada Minggu (7/10) kemarin.

Baca Juga: Mantan Gubernur Jatim dan Orang Kepercayaan Soekarwo Tekad Menangkan Jokowi

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya