Polda Jatim Kirim  hingga 4 Tim Bantu Korban Gempa Sumenep

Ada 200 personel tambahan yang diturunkan

Surabaya, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur mengirim ratusan personel untuk mengamankan daerah terdampak gempa di Sumenep pada Jumat (12/10). Keputusan tersebut diambil pasca kunjungan Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan, di lokasi gempa berkekuatan magnitudo 6,4 di Situbondo pada Kamis (11/10) dini hari. 

"Wakapolda pada Jumat (12/10) telah melakukan koordinasi seluruh personel Polda Jatim untuk mengirim bantuan lagi. Nanti dikoordinasikan oleh Karops," kata Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera, Jumat (12/10).

Baca Juga: Gempa Situbondo, Bangunan Warga & Fasilitas Publik di Jembrana Rusak

1. Polda Jatim kirim 200 personel

Polda Jatim Kirim  hingga 4 Tim Bantu Korban Gempa SumenepTwitter/Sutopo

Barung meyampaikan, hari ini Jumat (12/10) sudah tiba 22 personel di polsek-polsek sekitar Sumenep. Nantinya, Polda Jatim akan mengirim pasukan tambahan lagi usai Salat Jumat. "Kami akan kirim 178 (personel) lagi supaya menjadi 200. Nanti kami kirim setelah Jumatan," sambungnya. 

2. Ada 4 tim yang dibentuk oleh Polda Jatim

Polda Jatim Kirim  hingga 4 Tim Bantu Korban Gempa SumenepDok IDN Times/Istimewa




Bantuan yang dikirimkan terbagi menjadi empat tim, yaitu tim medis, tim healing, tim dapur umum, dan tim bakti sosial. "Mereka akan dikoordinasikan untuk membantu masyarakat. Nanti mobil brimob akan dikirim untuk dapur umum mobile. Bantuan sementara (tujuannya) untuk memenuhi kebutuhan mendesak," beber Barung. 

3. Diharapkan menjaga keamanan lokasi sekitar gempa

Polda Jatim Kirim  hingga 4 Tim Bantu Korban Gempa SumenepTwitter/Sutopo

Barung tidak bisa memastikan sampai kapan personel tambahan beroperasi. Sebab, selain membantu memenuhi kebutuhan masyarakat yang mendesak, mereka juga diharapkan mampu menjaga keamanan dan ketertiban di Sumenep. 

"Lihat situasi untuk berapa lamanya. Nanti akan dibangun rumah oleh Pemda, nah polisi bergerak melanjutkan kegiatan keamanan dan ketertiban supaya masyarakat tenang menunggu bantuan," tutup dia.

Baca Juga: Kunjungi Sumenep, Menteri Sosial Beri Santunan pada Korban Gempa

Topik:

  • Edwin Fajerial

Berita Terkini Lainnya