Comscore Tracker

Dikunjungi Kapolri, Korban Kisahkan Penyerangan Polsek Wonokromo

Seluruh korban diberikan kenaikan pangkat

Surabaya, IDN Times - Kapolri Jenderal Pol. Muhammad Tito Karnavian mengunjungi anggota SPKT Polsek Wonokromo, Agus Sumartono, di RS Bhayangkara, Senin (19/8). Agus dilarikan ke rumah sakit setelah dibacok oleh Imam Musthofa, lelaki asal Sumenep yang terpapar radikalisme. Saat dibesuk atasannya, Agus menceritakan kronologi kejadian secara terperinci. 

 

1. Agus melayani pelaku seperti biasanya

Dikunjungi Kapolri, Korban Kisahkan Penyerangan Polsek WonokromoDok.IDN Times/Istimewa

 

Kala itu, Agus tengah melayani Imam yang hendak mengeluhkan perkara lalu lintas.

Agus tidak memiliki kecurigaan sedikitpun. Kemudian, pelaku tiba-tiba melompat dan menyerang kepala Agus dengan parang yang telah disiapkannya.

"Tadi kan mau belah kepala, tangan saya langsung spontanitas menangkis. Sudah kena (kepala) sedikit," kata Agus kepada Tito di RS Bhayangkara, Surabaya.

Baca Juga: Polisi Korban Penyerangan di Mapolsek Wonokromo Kondisinya Membaik

2. Agus tidak ingin membacok balik atas rasa kemanusiaan

Dikunjungi Kapolri, Korban Kisahkan Penyerangan Polsek WonokromoDok.IDN Times/Istimewa

 

Agus yang berhasil menangkis serangan kemudian merebut senjata pelaku. Terbesit dalam benaknya untuk menyerang balik. Akan tetapi, rencana tersebut ia batalkan atas alasan kemanusiaan.

"Saya mau tancapkan dia saya gak tega. Sebenarnya bisa. Pisaunya sudah di tangan saya, tinggal menancapkan begini," terang dia.

3. Delapan bulan lagi korban pensiun

Dikunjungi Kapolri, Korban Kisahkan Penyerangan Polsek WonokromoIDN Times/Ardiansyah Fajar

 

Di tengah suasana yang begitu syahdu, Agus menceritakan bila dirinya akan memasuki masa purna bakti 8 bulan ke depan. Tito mendoakan supaya Agus diberi kesehatan dan dipermudah proses penyembuhannya.

Atas tindakan berani Agus, sang jenderal berbintang empat itu memberikan apresiasi berupa kenaikan pangkat dari Aipda menjadi Ipda.

Baca Juga: Penyerang Polisi Wonokromo Berpura-pura Lapor Soal Lalu Lintas

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Just For You