Objek Wisata Gunung Bromo Kembali Dibuka

Awas jangan bawa flare lagi

Malang, IDN Times - Kawasan wisata Gunung Bromo akhirnya dibuka kembali setelah mengalami kebakaran hebat pada 6 September 2023 lalu. Kepastian ini setelah Balai Besar (BB) Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) memastikan jika api telah benar-benar pada pada Senin (18/9/2023).

Meskipun demikian, pengunjung dilarang untuk memasuki kawasan Bromo Tengger Semeru dengan membawa benda-benda yang memicu api seperti flare, petasan, atau kembang api. Pengunjung juga diharapkan lebih bijak saat masuk ke Gunung Bromo.

1. BB TNBTS mengumumkan Gunung Bromo sudah bisa dimasuki pada Selasa besok

Objek Wisata Gunung Bromo Kembali DibukaIlustrasi wisatawan dengan mobil jeep di Gunung Bromo. (Unsplash)

Kepala Bagian Tata Usaha BB TNBTS, Septi Eka Wardhani mengatakan kunjungan Wisata Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) yelah dibuka. Pengunjung bisa masuk ke kawasan Gunung Bromo baik melalui pintu masuk Coban Trisula Kabupaten Malang, Wonokitri Kabupaten Pasuruan, Cemorolawang Kabupaten Probolinggo dan Senduro Kabupaten Lumajang.

"Gunung Bromo telah dibuka untuk pengunjung terhitung mulai hari Selasa, 19 September 2023 pukul 00.01 WIB. Pengunjung bisa masuk melalui 4 pintu masuk di 4 kabupaten di Jawa Timur," terangnya saat dikonfirmasi pada Senin (18/9/2023).

BB TNBTS menghimbau kepada seluruh pengunjung dan pelaku jasa wisata agar mematuhi prosedur masuk, peraturan dan larangan yang berlaku di Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru serta mengingat saat ini masih dalam masa waspada kebakaran hutan agar tidak membawa peralatan yang bisa menimbulkan kebakaran hutan antara lain api unggun, perapian, kembang api, petasan, dan flare untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan demi keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bersama.

Baca Juga: Pasangan Prewedding Flare di Bromo Belum Yakin Tuntut TNBTS

2. Pengunjung Bromo hanya bisa pesan tiket melalui online

Objek Wisata Gunung Bromo Kembali DibukaSituasi Gunung Bromo. (Instagram/bbtnbromotenggersemeru)

Septi mengungkapkan jika pembelian karcis masuk kawasan Gunung Bromo dan sekitarnya hanya dapat dilakukan secara online melalui tautanhttp://bookingbromo.bromotenggersemeru.org dan telah bisa diakses hari ini. Kemudian tidak ada pembelian karcis Bromo secara offline di seluruh pintu masuk, kecuali system booking online sedang bermasalah.

"Calon pengunjung diwajibkan untuk mematuhi seluruh peraturan dan larangan berlaku di dalam kawasan TN BTS yang yang tercantum di website booking online," tegasnya.

Selain itu, pengunjung yang telah melakukan pembelian karcis melalui booking online pada tanggal 7-18 September 2023, dapat mengajukan reschedule melalui tautan http://bit.ly/reschedulebromo092023.

3. Gunung Semeru masih ditutup untuk pendakian

Objek Wisata Gunung Bromo Kembali DibukaGunung Semeru. (unsplash.com/astama81)

Meskipun Gunung Bromo telah dibuka, pendakian Gunung Semeru masih ditutup karena tingkat aktivitas kegunungapiannya masih pada Level III atau Siaga. Tapi kunjungan ke daerah wisata sekitar masih dibuka untuk umum.

"Kunjungan Wisata ke Ranu Regulo dan Ranu Darungan juga telah dibuka untuk pengunjung. Pembelian karcis masuk Ranu Regulo dan Ranu Darungan dapat dilakukan melalui pembelian langsung di pintu masuk Ranu Regulo dan Ranu Darungan," pungkasnya.

Baca Juga: Bromo Tutup Total, Persewaan Mobil Jeep Nganggur

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan untuk merajut keabadian. Dengan menulis kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu adalah 2 unsur yang saling tarik menarik membentuk sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya