Lubang Seperti Sumur Mendadak Muncul di Jalan Raya Kota Malang

Lubang awalnya kecil tiba-tiba melebar dengan sendirinya

Malang, IDN Times - Pengendara di Jalan Bandung, Kelurahan Penanggungan, Kecamatan Klojen, Kota Malang dikejutkan dengan munculnya sebuah lubang mirip sumur di tengah jalan beraspal. Lubang yang berada tak jauh dari POM Bensin Jalam Bandung ini diketahui berdiameter 2 meter dengan kedalaman hingga 5 meter. Tak lama kemudian alat berat dikerahkan untuk membongkar kemudian menambal lubang ini.

Akibat fenomena ini, jalur dari arah MAN 2 Malang menuju Jalan Bandung ditutup total, kemudian arus lalu lintas dialihkan ke Jalan Bogor menuju Jalan Mayjen Panjaitan. Lalu dari arah Jalan Mayjen Panjaitan arus kemudian diarahkan ke Jalan Brigjend Slamet Riadi, Jalan Ijen, dan Jalan Jakarta.

1. Warga menceritakan bagaimana lubang yang awalnya kecil ini tiba-tiba menjadi lebar hingga berdiameter 2 meter

Lubang Seperti Sumur Mendadak Muncul di Jalan Raya Kota MalangProses pembongkaran lubang misterius di tengah jalan Kota Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Seorang saksi mata bernama Agustinus Slamet (55) menceritakan jika lubang ini awalnya diketahui muncul pada Kamis (7/12/2023) pukul 12.00 WIB. Awalnya lubang ini masih seukuran telapak tangan orang dewasa, tapi tiba-tiba lubang ini terus membesar hingga berdiameter 2 meter.

Lubang ini sangat membahayakan pengendara karena memiliki kedalaman sekitar 5 meter. Sehingga bisa membuat satu sepeda motor terjerembab kedalamnya.

"Untungnya kondisi lalu lintas sepi meskipun siang hari, tidak ada kendaraan yang melintas di atasnya. Kemudian saya dan beberapa orang meminta pengendara untuk melintas ke sisi yang aman," terangnya.

2. Kepala DPUPRKP Kota Malang belum bisa memastikan penyebab munculnya lubang misterius tersebut

Lubang Seperti Sumur Mendadak Muncul di Jalan Raya Kota MalangProses pembongkaran lubang misterius di tengah jalan Kota Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan Kawasan Pemukiman (DPUPRPKP) Kota Malang, Dandung Djulharjanto mengatakan mereka mendapatkan laporan terkait lubang ini pada pukul 12.20 WIB. Ia dan anggotanya langsung menuju lokasi untuk meninjau dan mengerahkan alat berat untuk membongkar lubang tersebut.

Dandung mengatakan tidak tahu pasti penyebab munculnya lubang tersebut. Pasalnya saat kejadian kondisi Kota Malang sedang cerah dan tidak terjadi hujan atau gempa bumi. "Kita kerahkan alat berat untuk membongkar lubang ini, karena posisi (aspal) menggantung. Kita bongkar duku terus kita lihat penyebabnya apa," jelasnya.

Baca Juga: Sidang Putusan 8 Arek Malang, Ratusan Orang Berdemo di PN Kota Malang

3. DPUPRPKP Kota Malang akan melakukan perbaikan secepat mungkin

Lubang Seperti Sumur Mendadak Muncul di Jalan Raya Kota MalangProses pembongkaran lubang misterius di tengah jalan Kota Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Dandung melanjutkan, jika telah dilakukan pembongkaran, lubang tersebut akan ditutup kembali dengan dilakukan perbaikan saluran air di bawahnya dengan pelapisan cor agar lebih kuat fondasinya. Setelah itu, bagian atasnya akan dilakukan pengurukan dan pengerasan, sehingga kemudian jalam siap diaspal kembali seperti sediakala.

"Saat ini alat berat sudah membongkar aspal yang menggantung. Baru kemudian kita uruk dan kita lakukan pengerasan, baru setelah itu diaspal lagi," tandasnya.

Proses ini perlu dilakukan secepat mungkin karena Jalan Bandung merupakan salah satu jalan protokol di Kota Malang. Pasalnya penutupan jalan ini membuat sejumlah jalan mengalami kemacetan di Kota Malang seperti di Jalan Mayjen Panjaitan, Jalan Brigjend Slamet Riadi, hingga Jalan Jakarta.

Baca Juga: Pria di Malang Bobol Rumah Tetangga, Perkosa Anaknya

Rizal Adhi Pratama Photo Community Writer Rizal Adhi Pratama

Menulis adalah pekerjaan merajut keabadian. Karena dengan menulis, kita meninggalkan jejak-jejak yang menghiasi waktu. Tulisan dan waktu, keduanya saling tarik-menarik menciptakan sejarah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya