Tekan Mobilitas Warga, Pemkot Madiun Tutup Akses Masuk

Lokasinya di titik perbatasan dengan Kabupaten Madiun

Madiun, IDN Times - Satgas Penanganan COVID-19 Kota Madiun menutup sejumlah akses masuk dari daerah lain melalui wilayah Kabupaten Madiun. Lokasinya seperti di simpang empat Manisrejo yang berbatasan dengan Kecamatan Wungu dan Te'an yang bersebalahan dengan Kecamatan Geger.

Selain itu, penutupan juga dilakukan di Mancaan yang berbatasan dengan Kecamatan Jiwan. Penutupan itu sebagai upaya menekan mobilitas warga untuk masuk ke Kota Madiun selama masa pemberlakuan pembatasan kegaiatan masyarakat (PPKM) darurat.

1. Dinyatakan menjadi zona hitam dari sisi mobilitas warga

Tekan Mobilitas Warga, Pemkot Madiun Tutup Akses MasukWakil Wali Kota Madiun Inda Raya Ayu Miko Saputri (tengah). Instagram/indaraya.

Wakil Wali Kota Madiun, Inda Raya Ayu Miko Saputri menyatakan dengan berkurangnya mobilitas warga akan memperkecil risiko penularan COVID-19. Apalagi, daerah setempat kembali berstatus zona hitam setelah sebelumnya merah.

"Dengan demikian kami memortal jalan karena Kota Madiun kembali menjadi zona hitam dari sisi mobilitas," kata dia, Jumat (16/7/2021).

2. Penutupan akses jalan secara permanen dan temporer

Tekan Mobilitas Warga, Pemkot Madiun Tutup Akses MasukPenutupan akses jalan menuju Kota Madiun sebagai upaya menekan mobilitas warga saat masa PPKM Darurat. IDN Times/Nofika Dian Nugroho.

Menurut dia, indikator penetapan zona hitam itu berdasarkan operasional alat canggih yang dimiliki pihak kepolisian. Piranti seperti Facebook Mobility, Google Traffic, dan Masa Vision Light masih merekam pergerakan warga yang terbilang tinggi.

Oleh karena itu, penutupan sejumlah akses masuk baik secara permanen maupun temporer dilakukan. "Intinya, kami fokus pada penutupan dan rekayasa lalu lintas untuk menekan mobilitas warga," ujar Inda.

Baca Juga: Polisi Madiun Selidiki Temuan Mayat Perempuan di Kamar Kos

3. Kendaraan medis dan pengangkut logistik masih diperbolehkan melintas

Tekan Mobilitas Warga, Pemkot Madiun Tutup Akses MasukProses penutupan jalan menuju Kota Madiun dari arah Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun. Kegiatan ini sebagai upaya menekan mobiltas warga saat masa PPKM Darurat. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

menurut dia, penutupan akses masuk ke kota madiun tidak serta merta melumpuhkan arus transportasi. kendaraan untuk distribusi kebutuhan pokok masih tetap diperbolehkan melintas. demikian halnya dengan ambulans maupun kendaraan pengangkut oksigen untuk kepentingan medis.

"Ada petugas yang menjaga di sana (titik-titik pintu masuk yang ditutup)," kata inda. petugas yang bersiaga di titik itu dari Dinas Perhubungan dan anggota Satlantas Polres Madiun kota.

Baca Juga: PPKM Darurat, Kota Madiun Tiadakan Takbir Keliling dan Salat Idul Adha

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya