Ribuan Pelamar Berebut 164 Formasi CPNS Pemkot Madiun  

Seleksi kompetensi dasar berlangsung empat hari

Madiun, IDN Times - Pemerintah Kota Madiun menggelar tes bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di gedung Government Chief Information Officer (GCIO) Dinas Komunikasi dan Informatika setempat selama empat hari. Seleksi kompetensi dasar (SKD) berlangsung sejak Senin (27/1) hingga Kamis (30/1).

Sebanyak 3.781 pelamar mengikuti seleksi tersebut. Mereka memperebutkan 164 formasi CPNS. Rinciannya terdiri dari 67 tenaga pendidik, 50 tenaga kesehatan, dan 47 tenaga teknis.

"Mudah-mudahan formasi yang ada bisa terisi semua," kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Madiun Haris Rahmanudin, Senin (27/1).

1. Passing grade diturunkan

Ribuan Pelamar Berebut 164 Formasi CPNS Pemkot Madiun  Persiapan SKD CPNS di Kota Madiun, Senin (27/1). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Harapan Haris, banyak peserta yang mampu lolos seiring dengan passing grade atau nilai ambang batas CPNS yang diturunkan. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2019.

Sebelum passing grade diturunkan atau pada SKD CPNS 2018, jumlah pelamar yang lebih dari tiga ribu, hanya kurang dari 10 persen dinyatakan lolos. 

Sedangkan pada SKD CPNS tahun ini, nilai ambang batas tahun ini untuk Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebesar 126, Tes Intelegensia Umum (TIU) sebesar 80, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebesar 65.

2. Skor langsung bisa diketahui

Ribuan Pelamar Berebut 164 Formasi CPNS Pemkot Madiun  Kepala BKD Pemkot Madiun Haris Rahmanudin. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Soal untuk tiga materi itu sebanyak 100. Menurut Haris, rinciannya adalah TWK sebanyak 30 soal, TIU, dan TKP yang masing-masing berjumlah 35 soal. Setiap peserta diberi kesempatan menjawab melalui laptop yang terkoneksi dengan server Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan durasi selama 90 menit. 

"Hasil langsung dapat diketahui melalui monitor dengan sistem CAT (Computer Assisted Test). Bagi yang memenuhi passing grade akan dirangking untuk mengikuti tes kompetensi bidang," jelas Haris.

3. Pelaksanaan SKD CPNS di Kota Madiun berbarengan dengan tiga daerah lain

Ribuan Pelamar Berebut 164 Formasi CPNS Pemkot Madiun  Kepala Kantor Regional II BKN Surabaya Tauchid Djatmiko. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Sementara itu, Kepala Kantor Regional II BKN Surabaya Tauchid Djatmiko menyatakan bahwa pelaksanaan SKD CPNS di Kota Madiun berbarengan dengan Kota Probolinggo, Kota Malang, dan Kabupaten Sumenep. 

"Pelaksanaan di Kota Madiun mandiri (tidak bergabung dengan daerah lain), " ujar Tauchid usai membuka SKD CPNS di Kota Madiun. 

4. Alokasikan anggaran SKD CPNS Rp400 juta

Ribuan Pelamar Berebut 164 Formasi CPNS Pemkot Madiun  Persiapan SKD CPNS Pemkot Madiun. IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Indikator dari pelaksanaan SKD CPNS mandiri karena mampu menyiapkan sarana dan prasarana, seperti gedung dan komputer. Kemudian, personel yang terlibat dan menyediakan alokasi anggaran pelaksanaan. 

Dalam SKD CPNS kali ini, pihak pemkot menyediakan anggaran sebanyak Rp400 juta. Uang sebesar itu dialokasikan untuk memenuhi sejumlah kebutuhan, salah satunya biaya sewa 220 laptop dari pihak ketiga. 

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya