Korsleting Listrik, Satu Rumah di Kabupaten Madiun Ludes Terbakar  

Kerugian material sekitar Rp 70 juta

Madiun, IDN Times - Sebuah rumah di Desa/Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun terbakar pada Rabu (22/1) pagi. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam peristiwa yang terjadi sekitar pukul 04.00 WIB. Namun, kerugian material ditaksir mencapai Rp70 juta.
"Hampir seluruh bagian rumah dan isinya terbakar," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Madiun M. Zahrowi.

1. Api berkobar dengan waktu sekitar 1,5 jam

Korsleting Listrik, Satu Rumah di Kabupaten Madiun Ludes Terbakar  Petugas BPBD Kabupaten Madiun sedang mengevakuasi rumah di Desa/Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Dok.IDN Times/Istimewa

Ludesnya bagian rumah, sejumlah perabot dan perlengkapan elektronika karena kebakaran berlangsung cukup lama, yakni sekitar 1,5 jam. Sumber api diduga dari sudut salah satu kamar dalam rumah Suriyem akibat korsleting listrik. 

Arus pendek disinyalir terjadi karena air masuk ke jaringan listrik di rumah . Sebab, hujan deras mengguyur wilayah Desa Kare pada Selasa (21/1) malam selama empat jam. Dari bagian atap yang bocor air hujan merembes hingga mengakibatkan instalasi listrik basah. 

2. Pemadaman dilakukan warga secara mandiri

Korsleting Listrik, Satu Rumah di Kabupaten Madiun Ludes Terbakar  Petugas BPBD Kabupaten Madiun sedang mengevakuasi rumah di Desa/Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Dok.IDN Times/Istimewa

Sumber api pun muncul dan kebakaran terjadi. Tujuh orang yang tinggal serumah untuk menyelamatkan diri dan sejumlah barang berharga. Peristiwa itu mengundang perhatian para tetangga. Mereka berusaha memadamkan api dengan menyiramkan air ke titik api. Selain menggunakan ember juga dengan selang.

Sekitar 90 menit kemudian, api yang sempat berkobar berhasil dipadamkan. "Sampai sekarang (sekitar pukul 10.00), warga bersama petugas BPBD, Koramil dan Polsek Kare masih melakukan pembersihan," ujar Zamroni.

3. Kurang rapinya instalasi listrik bisa picu kebakaran

Korsleting Listrik, Satu Rumah di Kabupaten Madiun Ludes Terbakar  Rumah di Desa/Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun ludes terbakar setelah dilalap api. Dok.IDN Times/Istimewa

Zamroni berharap, dengan kejadian kebakaran yang meludeskan satu rumah di Desa Kare, warga tetap mewaspadainya. Sebab, peristiwa itu bisa terjadi karena kurang rapinya instalasi listrik yang terpasang di suatu bangunan.
Adapun potensi kebakaran lahan dinyatakan menurun seiring dengan berlangsungnya musim hujan. Namun, tetap harus diwaspadai selain tanah longsor dan banjir.

Baca Juga: Kebakaran Pom Mini di Kebumen, Korban Terbakar Lari Nyebur Sungai

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya