Bangunan Liar di Dekat Stasiun Madiun Dibongkar Paksa 

PT KAI segera menata stasiun

Madiun, IDN Times - Petugas PT KAI (Persero) Daop 7 Madiun membongkar paksa empat bangunan liar yang selama ini berfungsi sebagai warung di kawasan Stasiun Madiun, Kamis (31/10). Pembongkaran itu menindaklanjuti rencana penataan dan pengembangan stasiun sebagai dampak meningkatnya pengunjung. Selain calon penumpang, juga keluarga pengantar maupun penjemput.

Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun Ixfan Hendri Wintoko mengatakan, salah satu yang bakal ditata adalah lahan parkir. Fasilitas itu bakal diperluas dengan memanfaatkan jalan di depan stasiun. Akses lalu lintas yang baru bakal dibuka di sebelahnya dengan memanfaatkan aset milik PT KAI.

"Jalan digeser dengan lebar 10 meter. Jalan yang lama digunakan pelebaran area parkir stasiun," ujar Ixfan.

1. Eksekusi usai subuh untuk hindari rusuh

Bangunan Liar di Dekat Stasiun Madiun Dibongkar Paksa Bangunan liar di sisi timur Stasiun Madiun dibongkar paksa oleh PT KAI, Kamis (31/10).IDN Times/Nofika Dian Nugroho

Untuk merealisasikan rencana itu, pihak PT KAI sudah berungkali meminta dua warga yang menempati bangunan liar untuk mengosongkannya. Permintaan secara tertulis sudah berungkali dilakukan.

Namun, hingga eksekusi perobohan dilakukan permintaan itu tidak diindahkan. Hal ini mendorong petugas PT KAI untuk mengeluarkan barang dan merobohkan paksa bangunan yang berstatus hak pakai tersebut.

"Eksekusinya juga pagi hari, pukul 05.00 agar mereka tidak berkesempatan mengumpulkan massa untuk menolak dan melawan," kata Ixfan.

2. Warga diminta memahami penertiban aset milik PT KAI

Bangunan Liar di Dekat Stasiun Madiun Dibongkar Paksa Manajer Humas PT KAI Daop 7 Madiun. IDN Times / Nofika Dian Nugroho

Ekeskusi pembongkaran bangunan liar itu juga melibatkan personel Satpol PP Kota Madiun, Kepolisian dan TNI AD. Keterlibatan petugas keamanan untuk mengantisipasi potensi kerusuhan sebagai dampak penolakan oleh warga.

Beberapa hari ke depan, pengembangan dan penataan Stasiun Madiun bakal dijalankan. Adapun tujuannya meningkatkan pelayanan kepada warga. Dengan demikian, bakal berdampak pada menggeliatnya perekonomian. "Untuk ini kami mohon kepada semua pihak bisa memahami, dan menyadari akan hal tersebut," ujar Ixfan.

Baca Juga: Puncak Arus Mudik, 17.091 Kunjungi Stasiun Madiun

3. Warga yang menempati bangunan liar tidak berkutik

Bangunan Liar di Dekat Stasiun Madiun Dibongkar Paksa Bangunan liar di sisi timur Stasiun Madiun dibongkar paksa oleh PT KAI Daop 7 Madiun, Kamis (31/10). IDN Times/Nofika Dian Nugroho

April salah seorang warga yang menempati bangunan liar menyayangkan penertiban oleh pihak PT KAI. Menurut dia, selama ini tidak ada permintaan untuk mengosongkan bangunan. "Kalau mau seperti ini, mengapa tidak dulu - dulu. Sudah puluhan tahun (kami di sini) kok baru sekarang ditertibkan," ungkap April.

Ia mengakui, selama ini memang tidak membayar uang sewa kepada bidang aset PT KAI Daop 7 Madiun. Namun, sejak dulu tidak pernah ada masalah hingga mereka harus meninggalkan bangunan yang digunakan menjalankan usaha.

Baca Juga: Listrik PLN Padam, Empat Kereta Terlambat Datang di Stasiun Madiun

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya