Comscore Tracker

Kalah Quick Count Pilkada Jember, Faida: Kami Mengimani Takdir

Faida-Vian masih menunggu hasil hitung cepat tim internalnya

Jember, IDN Times - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil hitung cepat (quick count) Pilkada Jember 2020, Rabu petang (9/12/2020). Hasilnya, Pasangan Calon (Paslon) petahana nomor urut 01, Faida-Dwi Arya Nugraha Oktavianto kalah. Melalui pernyataan tertulis, Faida-Vian mengakui kekalahan. Kendati demikian, mereka tetap akan menunggu hasil resmi dari KPU.

1. Faida-Vian memperoleh 30,4 persen suara versi quick count LSI Denny JA

Kalah Quick Count Pilkada Jember, Faida: Kami Mengimani TakdirPeneliti LSI Denny JA, Rully Akbar saat konferensi pers di Hotel Aston Jember, Rabu (9/12/2020). IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Berdasarkan hitung cepat LSI Denny JA, dari sempel 260 TPS yang dipilih secara acak di setiap kecamatan, pasangan calon (Paslon) 02, Hendy Siswanto- M Balya Firjaun Barlaman berhasil unggul mencapai 47,95 persen.

Sementara kubu petahana di Paslon 01, Faida - Dwi Arya Nugraha Oktavianto mendapat suara 30,4 persen. Selanjutnya, Paslon 03 Abdussalam-Ifan Ariadna di angka 21,64 persen.

"Ini tidak akan ada perubahan secara drastis ketika seluruh data sampel sudah masuk 100 persen. Kami juga menghormati hasil perhitungan Dari KPUD. Tapi kami yakin perbedaannya hanya 1 persen untuk margin of error-nya," kata Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar saat konferensi pers di Hotel Aston Jember.

2. Faida akui kekalahan di quick count, tapi tetap tunggu hasil KPU

Kalah Quick Count Pilkada Jember, Faida: Kami Mengimani TakdirFaida saat mendatangi TPS 04 di Perumahan Gunung Batu, Jember. IDN Times/Mohamad Ulil Albab

Menanggapi kekalahan dari hitung cepat, Faida-Vian masih menunggu perhitungan internal sendiri dan hasil resmi dari KPUD Jember.

"Faida-Vian mengimani takdir. Kewajiban kami dan kita semua adalah berikhtiar seoptimal mungkin. Yang masih kami tunggu adalah penghitungan internal yang kami lakukan berbasis laporan para saksi Faida-Vian di seluruh TPS dan tentu saja, proses perhitungan resmi yang dilakukan secara berjenjang oleh KPUD Jember," ujar Faida melalui keterangan tertulis yang diterima IDN Times.

"Saat ini, hasil Pilkada Jember 2020 sudah diperlihatkan oleh quick count, baik yang dilakukan oleh pihak lain maupun oleh pihak kami sendiri. Hasilnya menunjukkan bahwa nomor 02, Hendy-Firjaun unggul atas Faida-Vian dan Salam-Ifan," lanjutnya.

Baca Juga: Usai Nyoblos ke TPS, Faida: Saya Minta Semua Berhenti Membuat Fitnah!

3. Meminta pendukungnya tenang dan damai

Kalah Quick Count Pilkada Jember, Faida: Kami Mengimani TakdirPasangan Faida-Vian saat menghadiri rapat pleno terbuka KPU Jember terkait hasil ferivikasi faktual maju Pilkada jalur perorangan. IDN Times/Istimewa

Lebih lanjut, Faida berpesan agar seluruh pendukungnya tetap tenang dan damai.

"Mari jadikan rakyat Jember sebagai pemenang pilkada ini. Jangan jadikan pilkada ini perusak suasana tenang, damai, dan harmonis kabupaten yang sama-sama kita cintai," katanya.

"Tetaplah menjadi warga yang bersatu, terlepas dari perbedaan pilihan dalam pilkada ini. Jangan jadikan pilkada ini sebagai alat pemecah belah. Justru jadikan pilkada ini sarana untuk makin bersatu," tambahnya.

Seperti diketahui, Faida-Vian dalam Pilkada Jember 2020 melalui jalur independen atau nonpartai. Jalur tersebut ditempuh setelah posisi Faida sebagai petahana dipecat secara politik oleh sejumlah partai di Jember melalui upaya pemakzulan di DPRD Jember.

Baca Juga: Quick Count LSI Denny JA: Hendy-Gus Firja Menangkan Pilkada Jember 

Topic:

  • Mohamad Ulil Albab
  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya