Baliho Puan Tersebar di Pengungsian Semeru, Relawan: Melukai Hati Kami

"Melihat baliho itu rasanya ingin saya robohkan"

Lumajang, IDN Times - Baliho Ketua DPR RI, Puan Maharani yang terpasang di sepanjang jalan titik pengungsian Erupsi Gunung Semeru. Keberadaan baliho tersebut pun mendapat respons dari para relawan. Mereka mengatakan bahwa baliho itu melukai hati para relawan yang sudah berjuang membantu masyarakat terdampak di Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang.

Salah satu relawan erupsi Semeru, Christian Joshua Pale mengatakan, baliho tersebut memasang wajah Puan dengan latar belakang gambar pengungsi Semeru. Dalam baliho juga tertulis kalimat "Tangismu, tangisku, ceriamu, ceriaku. Saatnya bangkit menatap masa depan". Salah satu baliho itu terdapat di jalan menuju Posko Pengungsian Desa Penanggal, Kecamatan Candipuro.

"Begitu melihat Baliho-baliho besar dan itu sepanjang Desa Penanggal sampai Lumajang. Dan itu besar-besar, itu saya sendiri sebagai relawan yang melihat langsung kondisi korban, rumah-rumah korban, hewan ternak, saya sendiri itu sedih. Gak layak, gak elok," kata Joshua saat dihubungi IDN Times, Rabu (22/12/2021).

1. Relawan bekerja mati-matian di lokasi bencana

Baliho Puan Tersebar di Pengungsian Semeru, Relawan: Melukai Hati KamiBaliho Puan Maharani yang terpasang di lokasi pengungsian Semeru. IDN Times/Istimewa

Joshua yang juga merupakan Animals Hope Shelter  mengatakan, saat ini kondisi masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru sedang berduka. "Sangat tidak elok ketika ada oknum pejabat yang mengambil kesempatan, di saat warga duka, kehilangan sanak saudara, orang terdekat, harta benda, masih dalam keadaan hati masih hancur banget," katanya.

"Saya sudah di Semeru sejak hari ke tiga pasca erupsi. Rencananya sore nanti tim kami bergeser pulang, sewa satu truk untuk bawa hewan yang kami rescue," katanya.

Joshua mengaku melihat sendiri bagaimana kerja relawan di lapangan. Mereka harus berkejaran dengan kondisi cuaca yang tidak menentu dari hulu Semeru.

"Karena jujur saya ada di titik zona hitam, dan itu yang berjibaku TNI AL, Sabhara Tim ACT, PMI dan lain-lain, Itu yang benar-benar kerja tulus, luka hati mereka. Demi mengejar kekuasaan, tega banget melukai, hati masyarakat yang sedang tertimpa musibah," ia menambahkan.

"Melihat baliho itu rasanya ingin saya robohkan, boleh gak sih," katanya.

2. Ia membandingkan dengan kunjungan Jokowi beberapa waktu lalu

Baliho Puan Tersebar di Pengungsian Semeru, Relawan: Melukai Hati KamiKanal aliran lahar yang membelah Kampung Renteng ini meluap saat erupsi Gunung Semeru. (IDN Times/Ulil Albab)

Joshua pun membandingkan dengan kunjungan Presiden Jokowi ke Semeru pada Selasa 7 Desember lalu. Saat itu bahkan tak ada baliho sambutan yang terpasang untuk menghormati para pengungsi.

"Baliho itu katanya, untuk menyambut kedatangannya. Tapi waktu presiden ke sini kemarin juga tidak ada kan Baliho-balihonya," katanya.

Sementara itu, Qomaruddin salah satu relawan dari Candipuro mengatakan, hingga hari ini, Rabu (22/12/2022) baliho Puan masih terpasang dan belum dibongkar.

"Masih banyak sekali hari ini balihonya," kata Qomar.

Baca Juga: Gema Puan Sebut Ada Buzzer Adu Domba Puan Maharani dan Ganjar Pranowo

3. Puan sempat berkunjung pada Senin lalu

Baliho Puan Tersebar di Pengungsian Semeru, Relawan: Melukai Hati KamiKondisi lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Kampung Renteng, Kab. Lumajang pada Selasa (7/12/2021). (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Sebelumnya, Puan Maharani memang melakukan kunjungan ke posko pengungsian di Semeru pada Senin (20/12/2022). Dalam kunjungannya ia juga membagikan BPJS Ketenagakerjaan kepada 100 relawan dan tim BPBD di Pronojiwo. Total ada 2.500 relawan dan petugas yang akan mendapatkan BPJS TK BPU dari BPJS Ketenagakerjaan.

“Saya ucapkan terimakasih atas perjuangan teman-teman relawan yang saya pantau sudah gerak cepat membantu para korban sejak awal. Sungguh teman-teman relawan adalah pahlawan kemanusiaan,” kata Puan yang memberikan Kartu BPJS TK BPU secara simbolis kepada relawan perempuan.

Baca Juga: Gema Puan Blitar Deklarasikan Puan Maharani Maju Pilpres 2024 

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya