Pikat Suara Anak Muda, PAN Jatim Gelar Color Run di HUT 25 Tahun

Color run dirasa mampu tarik suara anak muda

Surabaya, IDN Times - Puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) Partai Amanah Nasional (PAN) di Jawa Timur, PAN akan menggelar color run pada Minggu (27/8/2023). Dengan tema Colors in Unity, PAN ingin mengenalkan kepada anak muda bahwa politik adalah hal yang menyenangkan. 

1. Mengambil tema keberagaman dalam kebersamaan

Pikat Suara Anak Muda, PAN Jatim Gelar Color Run di HUT 25 TahunKetua DPW PAN Jatim, Ahmad Rizki Sadig. (IDN Times/Khusnul Hasana).

Ketua DPW PAN Jatim, Ahmad Rizki Sadig mengatakan, tema yang diambil PAN yakni Colors in Unity, yang artinya keberagaman di dalam kebersamaan, PAN ingin di tahun politik ini meskipun beragam pilihan, masyarakat tetap bisa bersatu. 

"Kenapa color in unity, karena beragam bukan cuma soal pilihan tapi juga kegiatan," ujarnya, Jumat (25/8/2023). 

Baca Juga: PDIP Hormati Keputusan Golkar dan PAN Dukung Prabowo di Pemilu 2024

2. Ingin kenalkan anak muda bahwa politik menyenangkan

Pikat Suara Anak Muda, PAN Jatim Gelar Color Run di HUT 25 TahunPAN Jatim saat menggelar konferensi pers perayaan HUT PAN Ke-25, Jumat (25/8/2023). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Rizki menyebut di perayaan ini, PAN ingin mengenalkan kepada anak muda bahwa politik adalah hal yang menyenangkan. Apalagi, color run sangat identik dengan anak muda. 

"Ya memang sebagai partai politik, keuntungan elektoral harus kita kaji," ungkap dia. 

Menurut Rizki, dalam pemilu tahun 2024, suara pemilih anak muda menjadi yang paling besar, yakni 57 persen. Namun, sering kali anak muda mengindari partai politik karena dianggap terlalu serius. 

"Problemnya anak muda tidak suka dengan hal berat. Maka kita berusaha menjangkuau, bahwa politik itu menyenangkan, berpolitik itu tidak saling menjelekkan," ungkap dia. 

Color run menjadi media bagi PAN untuk mengenalkan kepada anak muda tentang politik. Ia menjamin, acara tersebut sangat menyenangkan dan menggembirakan bagi anak muda. 

"Kita punya fungsi pendidikan politik, khususnya generasi muda agar tidak apatis," terang dia. 

Sejauh ini, sudah ada 6.000 peserta yang mendaftar melalui situs online. Sementara kapasitas yang disediakan adalan 10.000 peserta. 

3. Peserta akan melewati jalan dan objek sejarah

Pikat Suara Anak Muda, PAN Jatim Gelar Color Run di HUT 25 TahunPAN Jatim saat menggelar konferensi pers perayaan HUT PAN Ke-25, Jumat (25/8/2023). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Sementara itu, Ketua Panitia Juliana Evawati mengatakan, rute yang dilewati peserta color run adalah 4,5 km. Peserta akan melewati jalanan bersejarah Surabaya mulai jalan Pahalwan hingga Blauran. 

"Rutenya, tidak panjang kita olah raga santai, start Tugu Pahlawan, jalan Pahlawan, Jalan Gemblongan, jalan Tunjungan, Blauran, Bubutan, kembali ke tupal, ada 2 refresmen," ujar wanita yang akrab disapa Jeje itu.

Jene mengatakan, kegiatan tersebut akan dimeriahkan oleh Ungu, Heavy Monster, DJ Allena dan berbagai penampilan lainnya. Selain itu, akan ada pesta rakyat seperti bazar murah, bazar UMKM hingga tes kesehatan. 

"Open gate kita jam 10 pagi sampai jam 10 malam, untuk color run dimulai jam 13.00 sampai jam 17.00," pungkasnya. 

Selain acara color run, untuk menggait anak muda, PAN sebelumnya juga telah menggelar beberapa kompetisi. Mulai dari mural and grafity competion, TikTok competion dan sebagainya. 

Baca Juga: Politikus PAN Sebut Nama Ganjar-Erick Dominan di Jatim, Kode Dukung?

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya