Perahu Kalimas Segera Buka, Bisa Jadi Rekomendasi Wisata Malam Hari 

Gak perlu adoh-adoh nang luar negeri

Surabaya, IDN Times - Wisata perahu Kalimas Surabaya mungkin sudah banyak orang ketahui. Namun, bagaimana sensainya naik perahu di Kalimas saat malam hari? Tentu hal ini akan menjadi pengalaman tersendiri yang tak terupakan. Apalagi ditambah dengan lampu-lampu warna-warni yang menghiasi sepanjang sungai Kalimas.

1. Wisata perahu bisa dinikmati mulai 27 Mei

Perahu Kalimas Segera Buka, Bisa Jadi Rekomendasi Wisata Malam Hari Armada kapal Wisata Perahu Kalimas. (IDN Times/Reza Iqbal)

Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menuturkan, wisata tersebut akan bisa dinikmati warga Surabaya pada 27 Mei mendatang. Wisata dibuka hingga pukul 22.00 WIB pada hari biasa dan hingga pukul 23.00 WIB pada akhir pekan.

Ia pun mencoba menyusuri wisata ini saat malam hari, Selasa (25/5/2022) malam. Ia menuturkan, ada berbagai spot foto di sepanjang sungai Kalimas .

“Mulai dari Monkasel sampai dengan Siola akan ada beberapa spot foto, seperti view patung Suroboyo dengan air mancur yang disorot oleh lampu. Setiap bawah jembatan juga akan dicat warna-warni,” ujar Eri.

Baca Juga: Sungai Kalimas Surabaya Bakal Disulap Jadi Wisata Air

2. Masyarakat Surabaya tak perlu jauh-jauh ke luar negeri

Perahu Kalimas Segera Buka, Bisa Jadi Rekomendasi Wisata Malam Hari Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi saat menyusuri wisata sungai Kalimas, Selasa (24/5/2022). (dok. Diskomimfo Kota Surabaya)

Dengan adanya wisata tersebut, masyarakat Indonesia khususnya Kota Surabaya tidak perlu lagi jauh-jauh pergi ke luar negeri untuk menikmati wisata perahu air. Karena di Kalimas juga tak kalah bagusnya.

“Hampir sama seperti Thailand, Singapore, dan Venesia. Tapi kita buat dengan ciri khas khas Surabaya, dimana Kalimas ini bisa sebagai destinasi wisata dan transportasi air, jadi tidak perlu ke luar negeri, cukup ke Surabaya,” ungkapnya.

3. Sejumlah fasilitas akan ditambahkan

Perahu Kalimas Segera Buka, Bisa Jadi Rekomendasi Wisata Malam Hari Potret pengunjung yang hendak masuk kapal di Wisata Perahu Kalimas. (IDN Times/Reza Iqbal)

Pihaknya berencana menambah penerangan berupa lampion di sepanjang sungai. Bahkan, taman yang masuk dalam rute wisata perahu air Kalimas juga akan ditambah dengan beberapa objek visual, mulai dari anak-anak muda yang bermain skateboard di Skatepark hingga menyaksikan pertunjukan dan pameran seni dari atas perahu.

“Ketika ada perahu melintas, pengunjung akan diberhentikan sejenak menikmati spot wisata sepanjang sungai Kalimas. Kita juga bisa melihat permainan lampu yang ada di sepanjang sungai ini. Serta ada beberapa SWK juga kita perbaiki untuk menghadap ke tempat wisata perahu tadi,” katanya.


Pihaknya juga berencana menambah armada seperti perahu juga dan durasi waktu wisata. Kini pihaknya tengah menghitung durasi waktu wisata untuk setiap rute pemberangkatan perahu air. 

“Warga Surabaya jika ingin berwisata bisa memanfaatkan wisata heritage, seperti sungai Kalimas ini. Nanti insya allah bulan depan saya akan konsentrasi pada destinasi wisata heritage lainnya,” pungkasnya.

Baca Juga: Wisata Kalimas Surabaya Diserbu Wisatawan

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya