Keluarga MSAT Merasa Difitnah, Korban: Ayo Buktikan di Pengadilan

Korban butuh kepastian

Surabaya, IDN Times - Pendamping korban kekerasan seksual di Jombang merasa kecewa atas pernyataan ayah tersangka MSAT yakni Muchtar Mu'thi yang menyatakan bahwa apa yang dilakukan anaknya hanya fitnah keluarga.

"Kalau memang pelaku ini tidak bersalah dan bilang fitnah, mari datang dan dibuktikan di pengadilan," ujar salah satu tim pendamping dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Surabaya, Yaritza Mutiaraningtyas, saat ditemui IDN Times, Rabu (6/7/2022).

1. Korban butuh kepastian hukum

Keluarga MSAT Merasa Difitnah, Korban: Ayo Buktikan di PengadilanIDN Times/Sukma Shakti

Ica, sapaannya menuturkan, pihaknya sangat membutuhkan kepastian hukum. Mengingat kasus tersebut telah diproses sejak tiga tahun lalu.

"Kita butuh kepastian hukum agar tidak ada ketimpangan. Ketika pelaku memiliki kekuasan mengapa penangkapan berkali-kali gak bisa," ungkapnya.

Baca Juga: Polisi Gagal Lagi Menangkap DPO Tersangka Pencabulan di Jombang

2. Pembuktian di pengadilan agar korban tidak kecewa

Keluarga MSAT Merasa Difitnah, Korban: Ayo Buktikan di PengadilanIlustrasi hukum (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurut Ica, Jika tidak dibuktikan, maka tidak tau apakah yang dilakukan MSAT hanya fitnah belaka atau benar tindak pidana. Juga agar korban tidak merasa kecewa setelah tiga tahun menunggu tanpa kepastian.

"Dibuktikan di pengadilan, biar tau gimana kepastiannya, kalau tidak dibukttikan kita tidak tau itu fitnah atau tindak pidana," sebutnya.

3. Tim pendamping akan lalukan koordinasi

Keluarga MSAT Merasa Difitnah, Korban: Ayo Buktikan di PengadilanIlustrasi kekerasan pada perempuan. (IDN Times/Aditya Pratama)

Ia juga mengatakan, Tim pendamping akan melakukan koordinasi terkait gagalnya penangkapan MSAT pada Minggu (3/7/2022) lalu. Mengingat gagalnya penangkapan ini sudah dua kali terjadi.

Tim pendamping sendiri terdiri dari berbagai lembaga seperti Women Crisis Center (WCC) Jombang, LBH Surabaya, Komnas Perempuan, Kementrian Perlindungan Perempuan dan Anak, serta organisasi lainnya.

"Kita juga selalu memberi kekuatan kepadaa korban bahwa korban tidak sendiri, kita mengupayakan agar kasus ini ada kepastian," pungkas Ica.

Baca Juga: DPO Pencabulan Gagal Ditangkap, Kapolres Jombang Temui Ayah MSAT

Topik:

  • Zumrotul Abidin
  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya