Hasil Autopsi Mayat di Trosobo Sidoarjo, Terdapat Tanda Kekerasan

Tubuh dipotong oleh orang yang sudah ahli

Sidoarjo, IDN Times - Hasil autopsi korban mutilasi yang ditemukan di selokan Trosobo, Sidoarjo ditemukan tanda-tanda kekerasan. Tanda kekerasan itu terdapat pada kepala dan leher. 

Kepala Rumah Sakit Pusdik Bhayangkara Porong, AKBP dr. Eko Yunianto menjelaskan, diduga mayat tersebut tewas kurang lebih 3 sampai 5 hari sebelum ditemukan. Hasil pemeriksaan, mayat tersebut dipotong tepat pada persendian bagian pinggul. 

"Ada tanda kekerasan di kepala dan leher, tidak mematikan. Sementara dugaan kematian karena kekerasan di bagian leher. Waktu kematian 3 sampai 5 hari sebelum penemuan," ujarnya, Senin (12/6/2023). 

Eko menyebut, pemotongan tubuh jenazah tersebut dilakukan setelah korban tewas dibunuh. Sebab, dalam pemeriksaan potongan tersebut cukup rapi dan dilakukan oleh orang yang sudah ahli.

"Pemotongan bisa dilakukan dengan senjata tajam kecil. Dilakukan oleh orang yang bisa dikatakan ahli. Karena memotong pas di persendian," terang dia. 

Ia merinci, hasil pemeriksaan gigi, korban berjenis kelamin laki-laki tersebut berusia 25 sampai 40 tahun. Korban memilikinya ciri-ciri badan hempal, muka oval dan hidungnya tidak terlalu mancung. "Jenis kelamin laki-laki, kulit sawo matang," katanya. 

Bila ada yang merasa kehilangan anggota keluarganya, bisa datang ke Polresta Sidoarjo. Polisi akan mencocokan dengan DNA jasad tersebut. "Jika ada yang melapor nanti akan kita lakukan pemeriksaan DNA," tutur Eko. 

 Seperti diberitakan sebelumnya, mayat dengan tubuh tak utuh ditemukan di selokan pos polisi dekat flyover Trosobo, Taman pada Sabtu (10/6/2023) lalu. Mayat tersebut terbungkus keresek warna hijau. Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo, Kompol Tiksnarto Andaru Rahutomo membenarkan adanya penemuan mayat tersebut. Mayat itu berjenis kelamin laki-laki.

"Kami menemukan mayat tadi pagi hari mayat seorang laki-laki 21-30 tahun dalam kondisi tidak mempunyai tangan dan mempunyai kaki," ujar Andaru kepada media, Sabtu (10/6/2023).

Diduga, mayat tersebut merupakan korban mutilasi. Namun, pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan atas penemuan mayat ini. "Kemungkinan ini korban mutilasi, kami mohon doanya, sekarang tim sedang berusaha," tandas dia

Baca Juga: Ciri-ciri Jasad Diduga Korban Mutilasi di Trosobo

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya