Eri Bilang Rekom dari PDIP Diserahkan Bulan Depan

Sudah nunggu ya pak ?

Surabaya, IDN Times - Kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sekaligus Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi menyebut, rekomendasi bakal kepala daerah Pemilihan Wali Kota (Pilwali) untuk dirinya dari PDIP bakal diserahkan bulan depan. Informasi tersebut disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto kepadanya. 

1. Bakal calon lain mendapat surat tugas, Eri Cahyadi langsung rekomendasi

Eri Bilang Rekom dari PDIP Diserahkan Bulan DepanEri Cahyadi saat datang ke Golkar Surabaya, Rabu (22/5/20224). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Eri mengatakan, bila bakal calon kepala daerah lain diberi surat tugas oleh PDIP, untuk kader petahana seperti dirinya akan mendapatkan surat rekomendasi. Hal ini karena sebagai petahana dia sudah pasti diusung kembali oleh PDIP. 

"Jadi Insyallah kemarin juga disampaikan, kalau yang lainnya diberikan surat tugas, tapi nek seng iki (kalau yang ini) rekomendasi, Jadi kenek opo aku bedo dewe (Kenapa saya beda sendiri dari bakal calon lain) karena sudah pasti begitu (calon kepala daerah dari petahana),"ujar Eri, Sabtu (22/6/2024). 

Ia menjelaskan, surat rekomndasi diberikan kepada petahana. Sementara, kader lainnya ataupun non kader yang diusung PDIP pada Pilkada2024, mendapat surat tugas. 

"Yang lain (bakal calon lain) surat tugas, nek aku gak atek (kalau saya tidak dapat) surat tugas karena incumbent, tapi langsung rekomendasi, jadi tidak ada surat tugas," pungkas dia.

Diketahui, surat tugas dari PDIP sifatnya diberikan calon kepala daerah kepada kader dan non kader untuk menaikkan elektabilitas mereka. Surat tugas juga diberikan kepada kepala daerah yang merupakan kader internal PDIP, namun masih belum memiliki pasangan.

Baca Juga: Eri Cahyadi Dapat Surat Tugas Maju Pilwali dari Partai Demokrat

2. Rekomendasi bakal diserahkan bulan depan

Eri Bilang Rekom dari PDIP Diserahkan Bulan DepanEri dan Armuji saat berjoget di Puncak HJKS Ke-731, Jumat (7/6/2024). (IDN Times/Khusnul Hasana)

Eri menyebut, Sekjen PDIP, Hasto Krstiyanto telah menyampaikan kepada dirinya bahwa surat rekomendasi untuknya akan diserahkan bulan depan. Surat rekomendasi tersebut sudah siap hanya tinggal diserahkan saja. 

"Itu (surat rekomendasi dari PDIP) disampaikan Insyallah katanya di awal bulan atau apa saya belum tahu juga. Tapi beliau (Sekjen PDIP) mengatakan wes mari, wes pasti nang mejo kari ngekekno tok (sudah selesai, sudah pasti di meja, tinggal memberikan saja)," terangnya.

3. Rekomendasi Pildkada Surabaya Jatuh pada Eri -Armuji

Eri Bilang Rekom dari PDIP Diserahkan Bulan DepanWali Kota Surabaya, Eri Cahyadi. (IDN Times/Khusnul Hasana)

Seperti diberitakan sebelumnya, Hasto Kristiyanto mengatakan, rekomendasi untuk Pilkada Surabaya akan jatuh ke pasangan Eri-Armuji. Rekomendasi tersebut bahkan sudah dikeluarkan. Sedangkan untuk daerah lain akan diumumkan secepatnya.

"Terkait pilkada nanti akan ada konferensi pers tersendiri oleh DPD partai, tapi yang jelas saat ini rekomendasi di tingkat kota/kabupaten masih berproses. Ada dilakukan berapa pelatihan-pelatihan pemenangan untuk para calon di Pilkada nanti," tuturnya saat di Blitar, Jumat (21/6/2024).

Baca Juga: Kaesang Disebut Maju Pilwali Surabaya, Pengamat: Saingan Eri-Armuji

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya