Bus TNI AL Terobos Perlintasan KA di Malang, 2 Sopir Diperiksa POMAL

Sopir di-off-kan sementara

Surabaya, IDN Times - Video viral yang menunjukkan bus milik TNI AL menerobos perlintasan Kereta Api (KA) di Malang berbuntut panjang. Dua pengemudi yang merupakan anggota Lantamal V tersebut kini tengah diperiksa Polisi Militer Angkatan Laut (POMAL). 

Kadispen Lantamal V, Letkol Agus Setiawan mengatakan, bus tersebut memang milik TNI AL, tepatnya milik Lantamal V. Ia pun menyampaikan terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan informasi terkait kejadian tersebut. 

"Adapaun kegiatan tersebut akan menjadi bahan evaluasi khusunya terkait dengan pembinaan prajurit Lantamal V," ujar Agus saat konferensi pers di Mako Lantamal V Surabaya, Jumat (5/5/2023). 

1. Bus dari Surabaya menjemput calon siswa menuju Lapetal

Bus TNI AL Terobos Perlintasan KA di Malang, 2 Sopir Diperiksa POMALVideo viral bus TNI AL terobos palang pintu kereta api di Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Ia menjelaskan, saat itu bus berangkat dari Lantamal V pukul 15.00 WIB menuju untuk menjemput calon siswa. Kemudian dari Juanda menuju Malang keluar lewat exit Tol Sawojajar. 

"Saat diperlintasan KA 78 ada kereta pertamina, bus sempat berhenti. Di lintasan itu tidak ada palang pintu. Di depan ada sepeda motor kemudian kereta pertamina lewat. Setelah lewat, sepeda motor maju bus ikut maju. Setelah kereta pertamina, ternyata ada kereta lagi. Karena terlanjur maju. Jadi bus langsung melintas di rel. Bus membawa penumpang sekitar 40 orang yabg akan ke Lapetal," terang dia. 

Baca Juga: Viral Bus TNI AL Terobos Perlintasan Kereta Api di Malang

2. Dua pengemudi diperiksa di Denpomal

Bus TNI AL Terobos Perlintasan KA di Malang, 2 Sopir Diperiksa POMALKadispen Lantamal V, Letkol Agus Setiawan saat konferensi pers di Mako Lantamal V Surabaya, Jumat (5/5/2023). (IDN Times/Khusnul Hasana).

Kedua sopir saat ini dalam proses pemeriksaan Denpomal. Dua prajurit tersebut yakni Koptu JC dan Serda AW. 

"Begitu kami dapat informasi dari medsos, kami langsung mengecek kedua prajurit tersebut, kami dalami kiranya dalam kejadian ada kesengajan atau ketidaktahuan sehingga dia menerobos begitu saja perlintasan KA," ungkap dia. 

Kedua prajurit tersebut, saat mengemudi tidak dalam pengaruh alkohol. Bahkan keduanya juga dalam kondisi sehat.

"(Track record) bagus, dari penugasan pertama driver tidak ada masalah. Dengan kondisi seperti itu karena peristiwa maghrib agak gelap lalu lintas agak rame. (Pengemudi) sudah 10 tahun. Tidak dalam pengaruh miras," kata dia. 

3. Dua pengemudi telah di-off-kan selama pemeriksa berlangsung

Bus TNI AL Terobos Perlintasan KA di Malang, 2 Sopir Diperiksa POMALVideo viral bus TNI AL terobos palang pintu kereta api di Malang. (IDN Times/Rizal Adhi Pratama)

Jika terbukti bersalah, keduanya akan diberi saksi sesuai dengan aturan yang ada. Mulai dari aturan tentang perkereta apian, UU Lalu Lintas hingga saksi dari internal Lantamal V sendiri, keduanya telah di-off-kan selama proses pemeriksaan berlangsung. 

"Nanti menunggu hasil pemeriksaan POMAL, yang pasti kalau ada unsur kesengajaan pasti hukumannya akan lebih berat. Penerobosan ini tidak menimbulkan kecelakaan tapi tetap tindakan ini tidak bisa ditolerir. (Keduanyaa) Di-off kan sampai pemeriksaan selesai," kata dia. 

Agus menambahkan, pihaknya mengingatkan kepada setiap prajurit yang bertugas agar lebih mengutamakan keamanan pribadi dan masyarakat. Serta tetap tertib dalam berlalu lintas. 

"Sangat menyangakan peristiwa ini kami tidak mentolerir penerobosan ini. Kita evaluasi ke dalam kita tekankan seluruh prajurit keselamatan lalu lintas yang utama. Tertib lalu lintas," pungkas dia.

Sebelumnya, jagat maya dihebohkan dengan video 2 bus TNI Angkatan Laut (AL) yang menerobos perlintasan kereta api (railroad crossing) di Jalan Kolonel Sugiono, Kelurahan Mergosono, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang. Video tersebut viral setelah dibagikan akun Twitter @sahabat_kereta pada Kamis (04/05/2023). Video tersebut langsung viral dengan 1,3 juta kali ditonton, 8.858 like, 4.174 retweet, dan 1.526 reply.

"Detik-detik 2 unit bus TNI AL menerobos perlintasan kereta api di Jalan Kolonel Sugiono, Malang, Pos PJL 78 dekat Stasiun Malang Kotalama. Mengimbau seluruh pengguna jalan raya sesuai UU 23 tentang Perkeretaapian wajib mendahulukan perjalanan kereta api. Utamakan keselamatan," tulis aku @sahabat_kereta.

Baca Juga: Pedagang di Malang Plaza Bakal Tuntut Pengelola Mal

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya