Bocah yang Dicolok Matanya Jalani Pemeriksaan MRI

PHC belum bisa menjelaskan detail hasilnya

Surabaya, IDN Times - Bocah yang matanya dicolok tusuk bakso oleh kakak kelas, SAH (8) dirujuk ke RS Pelindo Husada Utama (PHC) Surabaya, Rabu (20/9/2023). Koban menjalani pemeriksaan Magnetic Resonance Imaging (MRI). 

Dari pantauan IDN Times, SAH datang ke RS PHC Surabaya pukul 9.40 WIB didampingi orang tuanya. Mereka masuk ke ruang pemeriksaan MRI. SAH berada di PHC sekitar 4 jam. Mereka baru keluar dari PHC pukul 13.48. 

Wakil Direktur Pelayanan Medis RS PHC Surabaya, dr Rony Kurniawan M. Kes mengatakan pihaknya tidak bisa menjelaskan secara rinci seperti apa proses pemeriksaan dan kondisi korban. Menurutnya, hasilnya akan diserahkan ke RSUD Ibnu Sina sebagai rumah sakit utama yang menangani SAH. 

"Ada kiriman rujukan pemeriksaan MRI di RS kami dan sudah proses. Karena ini rujukan, seluruh hasil diberikan ke RS Ibnu Sina. Selanjutnya ditangani tim RS Ibnu Sina selaku perujuk MRI," ujarnya. 

Sementara itu, Dokter Spesialis Radiologi Konsultan dr Lailatul Muqmiroh, Sp. Rad (K), pemeriksaan MRI yang dilakukan rerdasarkan rekam medis yang dikirim RS Ibnu Sina adalah pemeriksaan bagian kepala yang berfokus pada kepala. Selain itu juga ada beberapa organ lain. 

"Dikirim dari RS Ibnu Sini MRI kepala berdasarkan rekomendasi dari hasil pemeriksaan sebelumnya. Kepala termasuk fokus mata dan beberapa hal lainnya. Kepala ada beberapa organ yang terkait keluhan bisa dilakukan dari pemeriksaan MRI, semua hal," terangnya. 

Namun demikian, pihaknya tidak bisa menjelaskan hasil dari pemeriksaan MRI. Hal tersebut karena berkaitan dengan kode etik. 

"Tidak bisa. Itu semua pihak yang berwenang. Dari kedokteran harus menjaga kerahaasian medis pasien dalam bentuk apapun. Apa lagi bersinggungan dengan hukum," pungkasnya. 

Baca Juga: Anak Dicolok Matanya Dirujuk di PHC, Bupati Tanggung Seluruh Biaya

Topik:

  • Zumrotul Abidin

Berita Terkini Lainnya