Comscore Tracker

Kapolda Klaim Tak Ada Kelangkaan Obat dan Oksigen di Jatim

Siap sanksi tegas pelaku penimbun obat dan oksigen

Tuban, IDN Times - Kapolda Jatim, Irjen Pol Nico Afinta mengklaim tak ada kelangkaan obat dan oksigen selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Selain ketersediaan masih aman, harga obat dan juga oksigen juga relatif terkendali alias tidak ada kenaikan.

1. Distribusi obat dan oksigen diawasi ketat oleh polisi

Kapolda Klaim Tak Ada Kelangkaan Obat dan Oksigen di JatimPetugas saat melakukan pengecekan tabung oksigen di Kabupaten Tuban. Dok Istimewa

Nico menjelaskan, ada tiga hal yang menjadi fokus penjagaan atau pengawasan yang dilakukan jajaran Polda Jatim selama PPKM Darurat. Pengawasan itu meliputi ketersediaan obat-obatan, oksigen, serta distribusi.

"Distribusi sampai ke tingkat bawah serta kaitannya dengan stabilitas harga masih aman," kata Nico di Tuban, Selasa (13/7/2021).

2. Siap tindak tegas pelaku penimbunan obat dan oksigen

Kapolda Klaim Tak Ada Kelangkaan Obat dan Oksigen di JatimPetugas saat melakukan pengecekan tabung oksigen di Kabupaten Tuban. Dok Istimewa

Jika dalam pelaksaan PPKM Darurat nanti ditemukan adanya penimbunan atau penyimpanan obat-obatan maupun oksigen, maka pihaknya akan menindak tegas para pelaku.

"Niat masyarakat untuk menimbun atau menyimpan obat-obatan maupun oksigen adalah hal yang salah. Apalagi ada oknum-oknum yang menimbun dan menjualnya demi keuntungan lebih," jelasnya.

Baca Juga: Bikin Geram! Kakak Adik Ini Timbun Tabung Oksigen di Tengah Kelangkaan

3. Kapolda minta masyarakat taat prokes COVID-19

Kapolda Klaim Tak Ada Kelangkaan Obat dan Oksigen di JatimKapolda Jatim Irjen Pol Nico Afinta saat berkunjung ke Tuban. Dok Istimewa

Dalam kunjungan ke Tuban perwira polisi dengan 2 bintang di pundaknya ini juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk selalu patuh protokol kesehatan.

"Kalau lagi membutuhkan obat maupun oksigen bisa datang ke rumah sakit atau Puskesmas. Jangan sampai membeli obat untuk yang dijual lagi ya," pungkasnya.

Baca Juga: Jatim Punya Satgas Oksigen untuk Antisipasi Kelangkaan

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya