Berteduh di Bawah Pohon, Petani Asal Tuban Tewas Disengat Tawon Ndas

Korban sempat dirawat selama seminggu

Tuban, IDN Times- Seorang petani jagung bernama Japar (49), asal Desa Kenongosari, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban meninggal dunia, kemarin Senin (25/11). Japar tewas karena disengat kawanan tawon ndas saat bekerja di kebun jagung miliknya.

Peristiwa itu sendiri terjadi pada Senin lalu (18/11). Setelah disengat, korban sempat menjalani perawatan intensif di RSUD dr. Koesma, Tuban. Namun setelah seminggu dirawat, Japar menyerah dan mengembuskan napas terakhir.

"Benar, ada salah satu warga Kecamatan Soko yang meninggal dunia karena disengat lebah. Jenis tawon ndas," terang Plt Kalaksa BPBD Kabupaten Tuban Emil Pancoro dikonfirmasi IDN Times melalui sambungan telepon, Selasa (26/11).

1. Korban berteduh di bawah pohon mangga

Berteduh di Bawah Pohon, Petani Asal Tuban Tewas Disengat Tawon NdasPetugas BPBD Kabupaten Tuban, saat memusnahkan sarang lebah di Kecamatan Soko, IDN Times/Istimewa

Emil menceritakan, peristiwa nahas itu terjadi saat korban berjalan dari rumah ke kebun jagung miliknya. Kebun tersebut tak jauh dari rumahnya. Korban bermaksud menyiram jagung di kebun.

Matahari yang meyengat rupanya membuat Japar tak kuat berlama-lama di tengah kebun. Lantaran kepanasan, dia beristirahat dan berteduh di bawah pohon mangga.

Nahas, saat itu lah dia justru diserang kawanan tawon ndas. "Korban berteduh karena kepanasan. Saat berteduh, dia diserang lebah," jelasnya.

2. Korban berusaha menyelamatkan diri

Berteduh di Bawah Pohon, Petani Asal Tuban Tewas Disengat Tawon NdasSarang lebah tawon ndas terlihat mengantungkan di pohon bambu. IDN Times/istimewa

Japar sempat lari dari kawanan hewan yang memiliki nama latin Vespa affinis itu. Dia berusaha menyelamatkan diri ke lokasi yang lebih aman.

Tapi kawanan tawon ndas itu tetap mengejar Japar dan menyengat bagian badan hingga wajah. Japar kemudian tumbang tak sadarkan diri.

"Bapaknya (Japar) sudah berusaha menghindar dan berlari. Namun sayangnya, lebah itu justru mengejar dia," ungkapnya.

Baca Juga: Populasi Tawon Ndas Meningkat, BPBD Musnahkan 2 Sarang Vespa Affinis

3. Korban ditolong oleh kakaknya.

Berteduh di Bawah Pohon, Petani Asal Tuban Tewas Disengat Tawon NdasWarga melihat proses pemusnahan sarang tawon di Kecamatan Soko. IDN Times/ istimewa

Korban kemudian ditolong oleh kakaknya. Dia sempat diberi minum lalu kemudian dibawa pulang.

Di rumah, Japar yang setengah sadar terus merintih kesakitan. Keluarganya kemudian membawa Japar ke Puskesmas Soko. Di sana, Japar dirawat selama semalam.

Saat dirawat di puskesmas, kondisi Japar malah memburuk. Dia lalu dirujuk ke RSUD dr. Koesma Tuban. Sayang, nyawanya tak bisa diselamatkan setelah dirawat selama seminggu.

4. BPBD Kabupaten Tuban musnahkan sarang lebah

Berteduh di Bawah Pohon, Petani Asal Tuban Tewas Disengat Tawon NdasPetugas BPBD Kabupaten Tuban, memusnahkan sarang lebah di Kecamatan Soko, IDN Times/Istimewa

Usai insiden tersebut, petugas BPBD Kabupaten Tuban meluncur ke lokasi untuk memusnahkan sarang lebah. "Ada dua lokasi sarang lebah yang kami bakar. Di Desa Kenongosari Lor dan Desa Kenongosari Kidul. Ya tentunya kami berharap agar kejadian ini tidak lagi menimpa orang lain," pungkasnya.

Baca Juga: Jangan Anggap Remeh, Sembuhkan Sengatan Tawon dengan 5 Cara Mudah Ini!

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya