Banjir Landa Tujuh Kecamatan di Bojonegoro, Ratusan Rumah Terendam

Banjir juga memutus akses jalan lintas kabupaten

Bojonegoro, IDN Times - Hujan deras mengguyur Kabupaten Bojonegoro, Senin petang hingga semalam (3/2). Dampak hujan tersebut, ratusan rumah warga di 7 kecamatan terendam banjir.

Tak hanya itu, banjir juga merendam akses jalan provinsi Bojonegoro-Nganjuk. Sehingga, arus lalu lintas menuju Kabupaten Nganjuk dan sebaliknya sempat macet.

Kepala BPBD Kabupaten Bojonegoro Umar Ghoni mengatakan, ketinggian banjir yang melanda pemukiman warga Bojonegoro bervariasi. Mulai 20 sentimeter hingga setengah meter. "Ada 7 kecamatan yang kebanjiran," jelas Umar dikonfirmasi IDN Times, Selasa pagi (4/2).

1. Warga mulai membersihkan sisa-sisa lumpur yang masuk rumah

Banjir Landa Tujuh Kecamatan di Bojonegoro, Ratusan Rumah TerendamBanjir menerjang wilayah pemukiman penduduk di Kabupaten Bojonegoro. IDN Times/Istimewa

7 kecamatan yang terendam banjir itu meliputi Gondang, Ngabon, Ngasem, Temayang, Bubulan, Sekar, Dander. Pagi ini banjir sudah surut dan sejumlah warga mulai membersihkan sisa-sisa air yang sempat masuk rumah.

"Alhamdulillah sudah surut banjirnya dan warga serta dibantu petugas hari ini (Selasa) sudah membersihkan material lumpur yang dibawa saat banjir tadi (Senin) malam," tambah Umar.

2. Banjir merendam tanaman padi dan bawang milik para petani

Banjir Landa Tujuh Kecamatan di Bojonegoro, Ratusan Rumah TerendamBanjir melanda Kabupaten Bojonegoro. IDN Times/istimewa

Banjir tersebut tak hanya memutus arus lalu lintas, tapi juga mengakibatkan 5 hektare lahan padi dan tanaman bawang merah siap panen di Desa Pajeng, Kecamatan Ngasem rusak parah. Akibatnya, sejumlah petani padi dan bawang terancam merugi.

Selain bencana banjir, hujan deras yang disertai angin kencang itu juga membuat pohon di beberapa tempat tumbang. "Ada pohon tumbang terus mengenai tiang listrik," ungkapnya.

Baca Juga: Khofifah Tinjau Lokasi Terdampak Banjir Bandang di Jember

3. Kerugian akibat banjir ditaksir mencapai Rp65 juta

Banjir Landa Tujuh Kecamatan di Bojonegoro, Ratusan Rumah TerendamBanjir memutus jalan raya penghubung antara kabupaten Bojonegoro dan Nganjuk. IDN Times/Istimewa

Meski tidak menimbulkan korban jiwa,banjir dan angin kencang yang melanda Kabupaten Bojonegoro wilayah selatan tersebut membuat petani bawang merah dan padi menelan kerugian yang cukup besar.

"Untuk kerugian ditaksir mencapai Rp65 juta karena tanaman bawang merah yang harusnya siap dipanen rusak diterjang banjir," lanjut Umar.

4. Masyarakat diminta untuk melapor jika terjadi bencana

Banjir Landa Tujuh Kecamatan di Bojonegoro, Ratusan Rumah TerendamBanjir menerjang wilayah pemukiman penduduk di Kabupaten Bojonegoro. IDN Times/Istimewa

Umar mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bojonegoro agar tetap berhati-hati. Apalagi saat ini intensitas hujan sedang tinggi.

"Pastinya imbauan kepada masyarakat terus kami, termasuk memberikan pelatihan tentang tanggap darurat. Petugas juga sudah saya perintahkan untuk terus bersiaga 24 jam. Selain itu masyarakat saya harap segera melaporkan kejadian bencana kepada kami agar segera ditindaklanjuti oleh petugas BPBD," pungkasnya.

Baca Juga: Kali Pacal Meluap, Belasan Rumah dan Fasum di Bojonegoro Kebanjiran

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya