Tujuh Rumah Milik Warga Tuban Rusak Disapu Ombak

Cuaca ekstrem tahun ini lebih parah dibandingkan sebelumnya

Tuban, IDN Times - Cuaca buruk yang melanda perairan utara laut Jawa mengakibatkan tujuh rumah milik warga Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban rusak berat. Tujuh rumah itu rusak setelah diterjang ombak besar yang terjadi sejak Sabtu hingga Minggu, (25/12/2022), kemarin. Beruntung, insiden tersebut tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Namun, akibat peristiwa itu, para warga mengalami kerugian hingga jutaan rupiah.

1. Ketinggian ombak diperkirakan mencapai 5 meter

Tujuh Rumah Milik Warga Tuban Rusak Disapu OmbakTujuh rumah milik warga Tuban rusak diterjang ombak besar. Dok Istimewa

Kepala Desa Karangagung, Aji Agus Wiyoto saat dikonfirmasi mengatakan, rata-rata rumah warga yang mengalami kerusakan akibat diterjang ombak besar tersebut di bagian atap dan tembok. Rumah yang rusak itu tak kuat menahan tingginya ombak yang diperkirakan mencapai 5 meter.

"Untuk ketinggian ombak sendiri kita perkirakan mencapai 5 meter dan akibatnya ada 7 rumah warga kami yang rusak," kata Agus, Senin (26/12/2022).

2. Cuaca ekstrem yang terjadi tahun ini lebih parah dibandingkan sebelumnya

Tujuh Rumah Milik Warga Tuban Rusak Disapu OmbakTujuh rumah milik warga Tuban rusak diterjang ombak besar. Dok Istimewa

Agus menuturkan, rata-rata rumah warga yang mengalami kerusakan akibat diterjang ombak berada persis di pesisir laut. Rumah mereka rusak karena ombak besar yang menerjang desa itu lebih besar dari pada tahun-tahun sebelumnya.

"Setiap tahunnya pasti ada, tapi untuk tahun ini ombaknya paling besar dibandingkan sebelumnya dan kami minta masyarakat agar terus berhati-hati dan waspada terhadap cuaca ekstrem seperti ini," terangnya.

Baca Juga: Semarak Natal di Tuban, Toko Pernak-pernik Dibanjiri Pembeli

3. Warga mulai bergotong royong secara swadaya memperbaiki rumah dan tembok yang rusak

Tujuh Rumah Milik Warga Tuban Rusak Disapu OmbakTujuh rumah milik warga Tuban rusak diterjang ombak besar. Dok Istimewa

Saat ini, lanjut Agus, warga yang rumahnya rusak berat diterjang ombak besar sedang diperbaiki. Warga setempat bergotong royong membangun kembali rumah yang rusak. Selain itu tembok penahan ombak yang rusak juga sedang diperbaiki mengunakan dana sebagian alokasi anggaran bencana dari desa.

"Saat ini sedang berlangsung perbaikan tembok penahan ombak di sisi utara desa kami dan kita berharap agar cuaca ekstrem seperti ini cepat berlalu dan masyarakat bisa kembali hidup normal seperti biasanya," harapnya.

Baca Juga: Satu Keluarga di Tuban Terseret Arus Banjir Bandang, Dua Meninggal

Imron Saputra Photo Community Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya