Comscore Tracker

Kali Kening Meluap, Lima Kecamatan di Tuban Kebanjiran

Banjir terparah terjadi di Kecamatan Parengan

Tuban, IDN Times - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tuban membuat 5 kecamatan terendam banjir, Rabu (30/11/2022). Banjir yang melanda lima Kecamatan Jatirogo, Kenduruaan, Bangilan, Singgahan dan Parengan ini disebabkan meluapnya kali Kening yang tak kuat menampung debit air hujan yang turun sejak beberapa hari terakhir.

1. Parengan jadi kecamatan paling parah terdampak banjir

Kali Kening Meluap, Lima Kecamatan di Tuban KebanjiranBanjir menerjang 5 kecamatan di Kabupaten Tuban. Dok Istimewa

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban, Sudarmaji saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa itu. Menurut dia, saat ini petugas BPBD masih melakukan evakuasi terhadap korban banjir di wilayah Parengan. Wilayah ini menjadi daerah yang mengalami banjir cukup parah.

"Ini dampak dari Kali Kening yang meluap yang disebabkan curah hujan di wilayah Blora dan Pati dan Rembang Jawa Tengah sangat tinggi sehingga menyebabkan banjir," kata Sudarmaji.

Baca Juga: Antisipasi Banjir, Eri Minta Gorong-gorong Selesai Desember

2. Warga yang terdampak banjir kini tengah dievakuasi petugas

Kali Kening Meluap, Lima Kecamatan di Tuban KebanjiranBanjir menerjang 5 kecamatan di Kabupaten Tuban. Dok Istimewa

Sudarmaji sendiri mengaku masih belum tahu betapa jumlah rumah yang terendam banjir. Sebab, saat ini petugas masih fokus mengevakuasi warga yang berada di Desa Cengkong, Desa Brangkal dan lainnya. Warga yang terdampak banjir kini diungsikan ke sanak keluarga yang rumahnya lebih aman.

"Masih kita lakukan inventarisir dan kami masih fokus mengevakuasi korban ke tempat yang lebih aman dari banjir. Mereka kita evakuasi ke sanak keluarga terdekat," jelasnya.

3. Ada 8 desa di Parengan yang terendam banjir

Kali Kening Meluap, Lima Kecamatan di Tuban KebanjiranBanjir menerjang 5 kecamatan di Kabupaten Tuban. Dok Istimewa

Adapun delapan desa yang terendam banjir di Parengan adalah Brangkal, Kumpolrejo, Cengkong, Margosari, Sembungrejo, Parangbatu, Suciharjo dan Selogabus. Sementara untuk di Jatirogo desa yang terendam adalah Sugihan, Kenduruaan, Sidorejo, Jambangan Bangilan dan Mergoasri Kecamatan Bangilan.

"Banjir ini tidak lepas dari hujan deras yang terjadi di wilayah Rembang, Pati dan Blora, sehingga mengakibatkan Kali Kening meluap," pungkasnya

Baca Juga: Banjir Tak Menyurutkan Pesta Pernikahan di Bojonegoro

Imron Saputra Photo Community Writer Imron Saputra

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Faiz Nashrillah

Berita Terkini Lainnya