Whisnu Sakti Ingin Bangun Patung-patung Pahlawan Kalau Jadi Wali Kota

Supaya identitas pahlawan di Kota Surabaya lebih menonjol

Surabaya, IDN Times - Pendaftaran peserta Pemilihan Wali Kota Surabaya masih belum dibuka. Namun, salah satu Bakal Calon Wali Kota (Bacawali) Surabaya Whisnu Sakti Buana telah memaparkan gagasannya jika ia berhasil memimpin Kota Surabaya tahun 2021-2026.

1. Whisnu ingin tonjolkan nilai kepahlawanan Kota Surabaya

Whisnu Sakti Ingin Bangun Patung-patung Pahlawan Kalau Jadi Wali KotaWhisnu Sakti Buana saat memaparkan gagasan pembangunan Kota Surabaya, Minggu (10/11). IDN Times/Fitria Madia

Whisnu mengatakan, jika ia terpilih menjadi Wali Kota Surabaya, ia ingin menonjolkan identitas Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Caranya, ia akan membangun berbagai monumen pahlawan di taman-taman tiap penjuru Kota Surabaya.

"Ke depan kita ingin membumikan kepahlawanan di Kota Surahaya. Kita akan bangun monumen pahlawan-pahlawan baik nasional maupun lokal di sudut-sudut kota," ujar Whisnu seraya menunjukkan desain yang ia miliki saat konferensi pers di Hotel Bumi Surabaya, Minggu (10/11).

2. Sebagai penghargaan jasa dan mengenalkan pahlawan

Whisnu Sakti Ingin Bangun Patung-patung Pahlawan Kalau Jadi Wali KotaWhisnu Sakti Buana saat memaparkan gagasan pembangunan Kota Surabaya, Minggu (10/11). IDN Times/Fitria Madia

Dalam momen Hari Pahlawan itu, Whisnu menyampaikan pembangunan monumen-monumen pahlawan sebagai bentuk penghargaan terhadap jasa-jasa mereka. Selain itu, identitas Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan juga harus dipertahankan agar dikenal di dunia.

"Kota Pahlawan itu cuma ada dua, di Indonesia dan di Polandia. Ini harus kita jaga dan kita tonjolkan," tuturnya.

Selain itu, Whisnu juga menganggap warga Kota Surabaya saat ini tidak mengenal pahlawan-pahlawan lokal. Pembangunan monumen-monumen dirasa akan efektif untuk mengenalkan pahlawan dan menanamkan rasa cinta pahlawan di masyarakat.

Baca Juga: Risma Setor Nama Cawali ke PDIP, Whisnu Sakti: Siapa Tahu Itu Saya

3. Ingin ada patung Bung Tomo di Stadion GBT

Whisnu Sakti Ingin Bangun Patung-patung Pahlawan Kalau Jadi Wali KotaDesain patung Bung Tomo yang dicetuskan Whisnu Sakti Buana agar dibangun di depan Stadion GBT. IDN Times/Repro Fitira Madia

Penonjolan Kota Pahlawan juga akan diwujudkan melalui renovasi Stadion Gelora Bung Tomo (GBT). Whisnu ingin Stadion GBT punya identitas Bung Tomo, tak sekadar nama. Oleh sebab itu, ia ingin membangun monumen Bung Tomo di sana.

"Nanti ada patung Bung Tomo. Juga akan ada lambang merah putih yang melingkar seperti yang biasanya kita lihat di gambar-gambar Bung Tomo," terangnya.

Baca Juga: Tak Hanya Siapkan GBT, Whisnu Usulkan Surabaya Jadi Kota Bola

Topik:

  • Dida Tenola

Berita Terkini Lainnya